Selasa, April 16, 2024
BerandaBangliPeringati Hari Bumi, Pertamina dan Hiswana Migas serta Pemprov Bali Tanam Sawo...

Peringati Hari Bumi, Pertamina dan Hiswana Migas serta Pemprov Bali Tanam Sawo Kecik di Kintamani

BANGLI, balipuspanews.com —  Memperingati Hari Bumi yang diperingati secara internasional setiap tanggal 22 April, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V Jatim Balinus bersama Hiswana Migas DPC Bali dan Pemerintah Provinsi Bali melakukan aksi penanaman bibit pohon sawo kecik di Kawasan Kaldera Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

 

Selain melakukan penanaman pohon, sedikitnya 1000 tas ramah lingkungan dibagikan secara gratis kepada masyarakat di Pasar Singa Mandawa Kintamani, dirangkaikan dengan aksi sosial bersih-bersih sampah plastik, Minggu (21/4).

 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Istri  Gubernur Bali, Putri Suastini Koster dan Pemda Bangli

 

Aksi ini juga dilakukan untuk mendukung penuh Peraturan Kota Denpasar No.36/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dan Peraturan Gubernur Bali No.97/2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Piastik Sekali Pakai. Pertamina sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi yang juga peduli dengan lingkungan sekitar area operasinya pada kesempatan ini memprakarsai kegiatan pembagian tas ramah lingkungan Bright Gas, penanaman pohon, dan pembersihan sampah plastik di kawasan Kecamatan Kintamani.

BACA :  Pemprov Bali Bantu Tiga Krama Bangli Rumah Layak Huni

 

Acara tersebut mendapat sambutan baik dari Pemprov Bali dan Pemkab Bangli, selain itu Hiswana Migas DPC Bali juga turut berperan aktif mendukung. Pasalnya, sampah plastik yang belakangan ini menjadi permasalahan semua pihak merupakan masalah bersama yang harus dihadapi bukan hanya dari satu pihak, tetapi perlu keterlibatan berbagai pihak.

 

Pembagian 1.000 tas belanja Bright Gas ramah lingkungan di Pasar Singa Mandawa Kintamani, dilakukan oleh pekerja perempuan Pertamina dan Persatuan Wanita Patra Pertamina, dengan menggunakan pakaian adat Bali, sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Kartini. Selain pemberian tas belanja ramah lingkungan tersebut, Pertamina juga melakukan upaya bersih-bersih sampah plastik dan juga penanaman 500 pohon sawo kecik merupakan tanaman langka di Kawasan Kaldera Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

 

 

“Memperingati Hari Bumi secara internasional, Pertamina bersama seluruh pihak yang bekerjasama mencoba melakukan aksi kecil yang diharapkan akan berdampak positif terhadap lingkungan sekitar. Inisiatif seluruh pihak untuk membagikan tas ramah lingkungan, penanaman pohon, dan aksi bersihbersih dilakukan dengan satu tujuan, yaitu menjaga Bumi kita agar lebih terawat untuk generasi yang akan mendatang”, ujar Rustam Aji selaku Unit Manager Communication & CSR MOR Vlatimbalinus.

BACA :  Pemprov Bali Bantu Tiga Krama Bangli Rumah Layak Huni

 

Sementara itu, Branch Manager Marketing Pertamina Bali & NTB, Fedy Alberto dalam pembukaan menyampaikan juga beberapa hal terkait dengan pentingnya menjaga keseimbangan dan kelestarian alam, salah satunya adalah kegiatan aksi penanaman pohon.

 

”Hal ini sangat positif mengingat mulai berkurangnya jumlah pohon/ hutanhutan di Bali sebagai penjaga sumber mata air di Bali. Perlunya kegiatan penanaman secara berlanjut sebagai bentuk konservasi untuk menghindari dampak buruk kedepannya yaitu krisis air bersih di Bali,” jelas Fedy

 

Kegiatan serupa seperti gerakan pembagian tas belanja ramah lingkungan & pembersihan sampah plastik tentunya juga diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai bentuk community development.

 

“Kami berharap dapat tercipta budaya masyarakat yang sejalan dengan programprogram Bali Bebas Sampah Plastik, Bali Go Green and Clean, berlandaskan Tri Hita Karana. Hal tersebut sesuai visi & misi program pembangunan pemerintah provinsi Bali ”Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, yaitu terwujudnya kesejahteraan kehidupan masyarakat Bali,” tambahnya.

 

Kedepan, Pertamina berharap pembagian tas ramah lingkungan serta aksi bersih-bersih sampah plastik ini dapat juga mengedukasi masyarakat Bali dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-harinya. Pasalnya, Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

BACA :  Pemprov Bali Bantu Tiga Krama Bangli Rumah Layak Huni
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular