Peringati Hari Kartini, DWP Buleleng Gelar Seminar Meneladani Kartini

Pelaksanaan seminar oleh DWP Kabupaten Buleleng
Pelaksanaan seminar oleh DWP Kabupaten Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Buleleng menggelar seminar dengan tema “Meneladani Semangat Kartini Meraih Kesejahteraan Bersama”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2022). Seminar yang menghadirkan narasumber Dr. Dra. Luh Asli M. Ag. itu digelar di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng.

Pada kesempatan itu, hadir Penasehat DWP Kabupaten Buleleng, I Gusti Ayu Aries Sujati, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ida Ayu Wardhani, Ketua DWP Kabupaten Buleleng, Ny. Dewi Suyasa, Ketua Tantri Bank BPD Bali Cabang Singaraja, Ketua Unsur DWP Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Buleleng.

Penasehat DWP Kabupaten Buleleng, I Gusti Ayu Aries Sujati mengatakan, tentunya Kartini sudah menombakkan perjuangan bagaimana emansipasi wanita. Oleh karena itu, kaum wanita diajak untuk mengembangkan potensi diri dan menyusun langkah-langkah agar generasi selanjutnya lebih bagus lagi.

“Melihat sekarang ini, banyak sekali ditemukan kasus kekerasan, pencurian termasuk seks bebas di bawah umur. Nah itu, bagaimana kiat-kiat kita untuk menanggapinya. Jangan hanya diam saja,” tegasnya.

Ditambahkan, pihaknya tidak menampik melihat para perempuan untuk berkarir, karena itu sesuatu pilihan baginya. Yang terpenting harus bisa mengatur pola asuh anak dengan baik. Salah satunya dengan pola asuh demokratis.

“Jadi ketika anak menyampaikan pertanyaan, kita bisa jawab secara realistis dan konkrit. Kita ada diskusi di dalamnya, sehingga jika ada keputusan sudah ada kesepakatan antara orang tua dan anak,” imbuhnya.

Ke depan dirinya berharap, peran ibu-ibu harus ditingkatkan lagi, mengetahui apa yang harus dilakukan, menggali lagi potensinya dan tidak hanya diam melihat kekerasan yang ada di sekitar. Melalui seminar ini, semoga mendapat pengetahuan bagaimana cara mensejahterakan keluarga.

Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Buleleng Ny. Dewi Suyasa mengatakan, dalam memperingati hari Kartini, DWP mengadakan kegiatan-kegiatan yang terbilang sederhana tapi penuh makna.

“Kami dan pengurus DWP Kabupaten Buleleng berinisiasi mengadakan sedikit kegiatan dalam memperingati hari Kartini ini yaitu dengan kegiatan seminar,” ujarnya.

Pihaknya menyadari, dengan semangat Kartini para ibu-ibu bisa menjadi suri tauladan, minimal di dalam keluarga. Karena, seorang ibu adalah penyejuk bagi kehidupan keluarga.

Selain itu, perempuan-perempuan masa kini juga telah bermutasi dan memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat.

“Keberadaan perempuan inilah yang memberikan warna bagi kehidupan kita, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan