Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati : Tetap Amalkan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan

Bupati Buleleng saat melaksanakan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Kantor Bupati Buleleng secara virtual
Bupati Buleleng saat melaksanakan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Kantor Bupati Buleleng secara virtual

BULELENG, balipuspanews.com – Hari Lahir Pancasila yang selalu diperingati pada tanggal 1 Juni menjadi sebuah momentum bagi masyarakat Indonesia untuk mengingat kembali dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari.

Apalagi nilai-nilai luhur pancasila memang harus selalu hadir secara nyata dalam kehidupan. Selain itu Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan berkembang dalam kehidupan.

Hal itu diutarakan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana usai mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila Thn. 2021 di Istana Negara Secara Virtual di Kantor Bupati Buleleng, Senin (1/6/2021).

Dirinya mengatakan momentum ini ditekankan untuk mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat kita selaku penyelenggara pemerintahan.

Baca Juga :  Kirab Merah Putih MBPS, Wagub: Dulu Melawan Penjajah, Kini Kemiskinan

“Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh aparatur kecamatan dan desa untuk terus meneguhkan keberpihakan kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban sebagai abdi negara dan bangsa,” tegasnya.

Bahkan baginya hal ini juga menggambarkan tantangan yang kelak akan dihadapi tidaklah mudah. Tahun ini atau bahkan tahun depan, situasi yang sulit masih akan dihadapi. Situasi yang memerlukan daya juang sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras agar mampu melewati masa sulit itu. Untuk menjawab semua itu tentunya dengan inovasi dan karya nyata. Tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :  Tiga Desa Ini Masuk Daftar Khusus Pembinaan Menjaga Kesehatan Gigi

“Mari buktikan kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bagaimana nantinya mejadi bangsa yang bisa memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan.” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra juga mengatakan bahwa ketahui bahwa Bangsa Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku ras agama budaya dan beribu pulau oleh karenanya ia mengajak seluruh masyarakat Buleleng untuk mengamalkan nilai-nilai Luhur Pancasila dan memebumikan Pancasila di Bumi Nusantara ini.

“Jadi, makna Hari Lahirnya Pancasila ini adalah bagaimana kita membumikan pancasila yang sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Bapak Presiden tadi sudah menghimbau bahwa kita harus terus-menerus membumikan pancasila di Bumi Nusantara Ini,” tutupnya.

Baca Juga :  Unud Jembatani Pasar Perikanan dan Kelautan Berbasis Aplikasi

Untuk diketahui dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini diikuti juga oleh seluruh Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng melalui Upacara Bendera yang digelar dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat di masing-masing kantor.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan