Jumat, April 26, 2024
BerandaKarangasemPeringati Hari Nusantara, Pemkab Karangasem Tebar Benih Ikan Air Tawar

Peringati Hari Nusantara, Pemkab Karangasem Tebar Benih Ikan Air Tawar

Karangasem, balipuspanews.com – Peringatan Hari Nusantara di Bumi Lahar Karangasem diisi dengan aksi sosial penebaran benih ikan air tawar di kolam Lotus Candi Dasa, Jumat ( 14/12/2018. Aksi tersebut dipimpin Sekda Karangasem Gede Adnya Mulyadi yang mewakili bupati Karangasem, Gusti Ayu Mas Sumatri.

Dalam sambutan Bupati Karangasem mengatakan, melalui Keppres No.126/2001 telah dikukuhkan sebagai Hari Nusantara, artinya setiap tanggal 13 Desember mulai diperingati sebagai salah satu Hari Nasional yang merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia.

Sementara itu, Sekda Adnya Mulyadi menambahkan, pada kesempatan ini Pemerintah Daerah menghimbau kepada masyrakat atau kelompok nelayan untuk bisa membentuk koperasi nelayan atau koperasi budidaya ikan air tawar.

Hal ini bertujuan agar kelompok-kelompok yang dibentuk berbadan hukum serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Penebaran benih ikan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi ikan air tawar yang ada di wilayah Kabupaten Karangasem, serta mengembangkan perikanan budidaya air tawar dan akan memberi nilai lebih bagi masyarakat.  Bibit yang ditebar meliputi  ikan kaper dan Ikan Nila.

BACA :  Hingga Akhir April 2024, Korban DBD di Karangasem Tercatat 240 Kasus

Selain itu,  pemerintah juga telah memfasilitasi kartu KUSUKA untuk para pengusaha di bidang perikanan. Kartu Kusuka adalah kartu usaha kelautan dan perikanan yang dimana setiap KKP memfasilitasi kredit dengan bunga murah  4 persen pertahun. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan  sebagai modal untuk mendukung usaha kelompok perikanan.

“Masyarakat yang berusaha di bidang perikanan wajib memiliki kartu Kusuka,” ujar Sekda Adnya Mulyadi.  ( igs)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular