Rabu, Juli 24, 2024
BerandaDenpasarPeringati Hari Tumpek Landep, Pemkot Denpasar Gelar Persembahyangan di Pura Agung Loka...

Peringati Hari Tumpek Landep, Pemkot Denpasar Gelar Persembahyangan di Pura Agung Loka Natha Denpasar

DENPASAR, balipuspanews.com
Pemkot Denpasar menggelar persembahyangan bersama dalam rangka memperingati Pitenget atau peringatan Tumpek Landep di Pura Agung Loka Natha Denpasar, Sabtu (3/6/2023)

Upacara ini dihadiri langsung Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Istri Wakil Walikota, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa seluruh OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, siswa dan masyarakat.

Sedangkan pemuput upacara ini Ida Pedanda Gede Putra Gelgel Keniten Griya Satya Loka Keniten.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan peringatan Hari Tumpek Landep kali ini dilaksanakan dengan menggelar persembahyangan bersama yang dipusatkan di Pura Agung Loka Natha Lumintang.

Lebih lanjut dijelaskan, Tumpek Landep merupakan hari suci yang dilaksanakan umat Hindu sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa yang dalam manifestasinya telah memberikan ketajaman pikiran kepada manusia. Adapun ketajaman itu layaknya senjata yang terbentuk lancip/runcing seperti keris, tombak dan pedang.

Pihaknya menambahkan, melalui peringatan Hari Tumpek Landep dengan persembahyangan bersama ini diharapkan mampu menyeimbangkan alam semesta beserta isinya. Serta mampu memberikan kekuatan agar manusia senantiasa mulatsarira dan intrsospeksi diri.

BACA :  Buka Desa Kuwum Fest 2024, Bupati Giri Prasta Apresiasi Tokoh dan Masyarakat Desa Kuwum

“Peringatan ini merupakan wujud syukur dan terimakasih atas anugrah Ida Sang Hyang Widi Wasa yang telah memberikan ketajaman pikiran dalam melaksanakan kewajiban dan swadarma,” ujarnya.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular