Peringati HKN ke-58, Tiga Inovasi Kesehatan Dilaunching

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat melaunching tiga inovasi di hari kesehatan yang ke-58 di balai Budaya Ide Dewagung Istri Kanya, Rabu (30/11/2022)
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat melaunching tiga inovasi di hari kesehatan yang ke-58 di balai Budaya Ide Dewagung Istri Kanya, Rabu (30/11/2022)

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kembali membuat gebrakan spektakuler saat hadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Rabu (30/11/2022).

Dalam peringatan HKN ini, Bupati Suwirta tidak tanggung tanggung melaunching tiga inovasi dari Dinas Kesehatan diantaranya Inovasi Kasi Nikah (pelayanan skiring, konseling dan pelayanan kesehatan pada calon pengatin), Kedhi Taro (pembentukan club olahraga di setiap desa pengantaran obat hipertensi ke pasien) dan Lacak (layanan cepat pemeliharaan alat kesehatan).

Sambutan Menteri Kesehatan RI yang dibacakan Bupati Suwirta menyampaikan Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan dimasa yang akan datang.

Terkait launchingnya tiga inovasi tersebut, Bupati berharap para perbekel dan perangkat desa bisa bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk turun dan mulai bergerak melakukan langkah-langkah sosialisasi kepada masyarakat. Semua inovasi juga diminta harus terus diupdate.

“Mudah-mudahan inovasi tersebut berjalan lancar dan tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati menambahkan terkait penyakit Demam Berdarah (DB) yang belakangan ini melonjak. Petugas kesehatan diminta melakukan langkah-langkah edukasi secara lebih luas untuk mencegah demam berdarah ini.

“Edukasi secara lebih luas harus dilakukan untuk mencegah demam berdarah. Selain itu, masyarakat yang mengetahui jika ada gejala-gejala harus segera melaporkan ke petugas,” harapnya.

Ketua Panitia Dr. Ni Putu Diana Wati mengatakan adapun beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya kegiatan nasional aksi bergizi, pemeriksaan HB pada remaja putri dilakukan di SMP dan SMA di lingkungan Kabupaten Klungkung, jalan santai, bakti sosial, seminar dan lomba-lomba.

Adapun tema yang diusung yaitu Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku.

“Selamat Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 bagi kita semua, semoga kita bangkit dan kembali produktif dengan tema tahun ini, Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku,” ujarnya.

Diakhir kegiatan, Bupati Suwirta didampingi Wakil Ketua DPRD Klungkung Tjokorda Gde Agung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni juga menyerahkan piagam penghargaan kepada masing-masing pemenang lomba.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta