Jumat, Juni 21, 2024
BerandaGianyarPeringati HUT Kota ke 253, Pelestarian Seni Memperkokoh Kemasyhuran Gianyar

Peringati HUT Kota ke 253, Pelestarian Seni Memperkokoh Kemasyhuran Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com – Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa memimpin apel puncak perayaan HUT Kota Gianyar yang ke-253 yang mengusung tema “Dharma Budhi Ngukuhang Kottam Gianyar” di Alun-alun Kota Gianyar, Jumat (19/4/2024) pagi.

Apel ini dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda Gianyar, pimpinan dan anggota DPRD Gianyar, para pejabat TNI dan Polri, para kepala OPD Pemkab Gianyar, kepala desa, tokoh masyarakat, berbagai instansi serta para stakeholder.

Sambutan Pj Gubernur Bali yang dibacakan oleh Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa mengungkapkan, hari jadi kota Gianyar kali ini mengusung tema “Dharma Budhi Ngukuhang Kottam Gianyar” yang memiliki arti kepribadian luhur memperkokoh kemasyhuran Gianyar. Kepribadian merupakan sebuah sikap yang didefinisikan sebagai unsur-unsur akal dan jiwa yang tercermin dari tingkah laku, sedangkan luhur diartikan sebagai sesuatu hal yang tinggi atau mulia mengandung pesan sikap mental dan nilai kebaikan.

“Tema ini, memiliki spirit untuk mengaktualisasikan sikap atau tingkah laku dan mental kebaikan dalam pelaksanaan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam pembangunan, pelestarian seni dan budaya serta pelayanan kepada masyarakat untuk memperkokoh kemasyhuran Gianyar,” papar I Dewa Tagel Wirasa.

BACA :  Polres Badung Gelar Ops Antik, Sasar TO dan Non TO

Dalam usia ke-253 tahun, Kabupaten Gianyar sebagai daerah yang dikenal akan seni dan budaya, memiliki catatan sejarah peristiwa penting dan berbagai prestasi. Hal tersebut menjadi pembelajaran agar kedepannya semakin maju, bertumbuh, dari segi masyarakat semakin sejahtera dan bahagia sakala dan niskala.

“Saya berharap agar seni dan budaya sebagai warisan yang adi luhung tetap dijaga dan dilestarikan sebagai pondasi karakter dan pembangunan Daerah Gianyar harus tetap berlandaskan Tri Hita Karana, karena salah satu dimensi masyarakat sejahtera adalah kehidupan sosial yang damai dan harmonis,” jelas I Dewa Tagel Wirasa.

Lebih lanjut I Dewa Tagel Wirasa menyampaikan, penting untuk terus menjaga semangat kerja, berani membuat terobosan, bekerjasama, bergotong royong untuk mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi untuk membangun hubungan baik antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan berbagai stakeholder.

Berikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pendiri, pejuang, dan para pemimpin Kabupaten Gianyar terdahulu yang telah mengantarkan kita ke tingkat kehidupan seperti sekarang ini, semoga karya nyata dan sumbangsih yang diberikan menjadi tanda mata bagi generasi saat ini dan anak cucu kita dikemudian hari.

BACA :  Subamia Disebut Kandidat Kuat Calon Wakil Bupati, Ini Kata PDIP Klungkung

Seusai apel, I Dewa Tagel Wirasa dan rombongan melakukan ziarah ke taman makam pahlawan Kertha Kirttya Mandala Gianyar dan melakukan tabur bunga. Dilanjutkan dengan acara resepsi di balai budaya Gianyar.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular