Kepala SMK PGRI 3 Denpasar I Nengah Madiasnyana (tengah) saat meninjau Job Fair di aula Trigriska, Rabu (22/1/2020).
Kepala SMK PGRI 3 Denpasar I Nengah Madiasnyana (tengah) saat meninjau Job Fair di aula Trigriska, Rabu (22/1/2020).

DENPASAR, balipuspanews.com- Serangkaian HUT SMK PGRI 3 Denpasar (Trigriska), berbagai kegiatan telah dilaksanakan sekolah salah satunya “Job and Education Fair Trigriska I 2020” yang digelar, Rabu (22/1/2020).

Dalam Job Fair ini pertama kali digelar, untuk mempertemukan dan menjalin kerja sama bursa kerja khusus (BKK ) SMK PGRI 3 Denpasar dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Denpasar,Dunia Kerja, dan Universitas.

Kepala Sekolah Trigriska Drs. I Nengah Madiadnyana, M.M., mengatakan, tujuan job fair ini adalah memperkenalkan siswa dengan dunia usaha. Job fair wajib dilakukan, pasalnya anak-anak banyak yang tidak tahu dalam lapangan kerja.

“Ini merupakan komunikasi atau timbal balik antara yang membutuhkan dan dibutuhkan,” tegas Madiadnya disela-sela kegiatan berlangsung.

Kegiatan job fair dilaksanakan, merupakan tugas sekolah menginformasikan dan menjalin kerja sama pada dunia usaha atau industri dan sekolah tinggi, sehingga setelah tamat siswa sudah bisa menentukan pilihan mau melanjutkan kemana atau bekerja dimana, dengan bekal yang sudah diberikan selama menimba ilmu di Skagriska selam 3 tahun.

Disebut Madi, tujuan secara khusus kegiatan Job Fair ini adalah menyediakan bursa kerja, dan mempertemukan lapangan pekerjaan sehingga para pelamar dapat mengetahui profil perusahaan, mempermudah perusahaan dalam merekrut tenaga terampil setelah siswa menyelesaikan study.

Selain itu, job fair juga membantu lulusan mempersiapkan diri, memfasilitasi lulusan, serta menyalurkan lulusan dalam waktu yang cukup singkat.

Selain itu, yang tidak kalah penting dalam job fair ini, mempermudah siswa untuk memperoleh pekerjaan, sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran, dan mendapat pendidikan tinggi di Kota Denpasar.

Adapun pihak yang diajak kerja sama dalam job fair kali ini berjumlah 14 industri dan pergùruan tinggi seperti Monarch, PT. Global, Politeknik Internasional Bali, Apolonia Hotel Shcool, Diamond, dll.

Dalam HUT ke-20 Skagriska ini, berbagai lomba juga digelar seperti lomba pidato bahasa Inggris dan pidato bahasa Bali tingkat SMP, serta lomba ngelawar. (bud/bpn/tim)