Peringati Tumpek Uye, SMP PGRI 5 Denpasar Tebar Benih Ikan

SMP PGRI 5 Denpasar (SPEGRIMA) menebar benih ikan
SMP PGRI 5 Denpasar (SPEGRIMA) menebar benih ikan

DENPASAR, balipuspanews.com – Sebagai wujud pelestarian terhadap lingkungan beserta isinya, khususnya binatang demi menjaga ekosistemnya, SMP PGRI 5 Denpasar menebar benih ikan bertepatan Hari Tumpek Uye identik dengan upacara terhadap binatang sebagai wujud memuliakan seluruh hewan di alam berdasarkan konsep “Nangun Sat Kerti Loka Bali”, Sabtu ( 29/1/2022).

Diawali sembahyang bersama oleh keluarga besar SPEGRIMA begitu julukannya, dilanjutkan gerakan bersih- bersih lingkungan dipimpin langsung Kepala Sekolah Made Radita Berata ke lokasi penebaran benih ikan di sungai lingkungan sekolah setempat.

Disela kegiatan Kepala SMP PGRI 5 Denpasar I Made Radita Berata, S.Pd menyampaikan tujuan kegiatan tersebut menjaga keselarasan antara manusia dengan lingkungan khususnya hewan. Kegiatan ini sebagai wujud menjaga ekosistem sungai dan memuliakan seluruh hewan di bumi ini patutlah didoakan.

Baca Juga :  Hadiri Penyerahan Bantuan Monster Sampah, Wakil Ketua DPRD Badung Sebut Solusi Atasi Sampah

Menurutnya, Tumpek Uye merupakan sebuah momentum untuk menjaga keseimbangan antara hubungan manusia dengan tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan sesuai falsafah Agama Hindu yaitu Tri Hita Karana.

“Jadikan kegiatan ini sebagai momentum jangan tidak sayang dengan binatang, karena binatang atau makhluk adalah kekuatan alam. Karena hewan adalah kekuatan maka perlu dipelihara demi keharmonisan,” tutur Radita didampingi staf pimpinan sekolah, para guru, pegawai beserta osis.

Dirinya mengajak, umat Hindu khususnya generasi muda agar melestarikan kembali hewan-hewan sekitar agar terjaga dengan baik ekosistemnya sekaligus menumbuhkan perkembangannya agar tidak punah.

“Mari kita bersama menjaga alam ini, kalau bukan kita siapa lagi untuk menjaganya,” ajak Radita pria asal lumbung padi tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa Arizona University Belajar Bahasa Indonesia di UNR

Lanjutnya mengimbuhi, Tumpek Uye momen spesial bagi SPEGRIMA yang berhasil memborong juara lomba yakni Juara 1 Tiktok, Juara 3 Tourism Conversation, Juara 2 Fotografi tingkat Kota Denpasar belum lama ini.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan