Perluas Layanan Internet Gratis di Buleleng, Kominfosanti Gandeng Rekanan

Penandatanganan MoU antara kadis Kominfosanti Buleleng (kiri) dengan rekanan (kanan) berkaitan dengan layanan Wi-Fi gratis
Penandatanganan MoU antara kadis Kominfosanti Buleleng (kiri) dengan rekanan (kanan) berkaitan dengan layanan Wi-Fi gratis

BULELENG, balipuspanews.com – Sebagai upaya meningkatkan layanan internet gratis untuk masyarakat di Buleleng. Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng mengajak rekanan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bertempat di Ruang Rapat Dinas Kominfosanti Buleleng, Kamis (29/9/2022).

Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan internet gratis kepada masyarakat. Apalagi seperti diketahui Singaraja memiliki predikat sebagai kota pendidikan sehingga harus mengikuti perkembangan digitalisasi untuk mewujudkan Buleleng Smart City.

Suarmawan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pengadaan internet publik dari PT. Supra Primatama Nusantara atau yang lebih dikenal dengan Biznet. Adapun fasilitas internet gratis sudah terpasang pada 4 titik tempat publik yaitu Taman Kota Singaraja, Taman Yowana Asri, eks Pelabuhan Buleleng, dan Kawasan Wisata Pantai Lovina.

Baca Juga :  Cium Bau Tak Sedap, Pemilik Warung Temukan Mayat di Gorong-gorong

Tidak hanya itu, Biznet rencananya akan memberikan bantuan free wifi ke 60 titik seperti banjar dinas, balai masyarakat dan balai desa. Ke depannya akan dievaluasi dan dipetakan lagi daerah-daerah yang membutuhkan akses internet di Kabupaten Buleleng.

“Hal ini sudah dilanjutkan langsung dengan kerjasama bersama pihak desa,” imbuhnya.

Kemudian melalui kerjasama ini, Suarmawan berharap tetap bisa berlanjut dari tahun ke tahun dan dibuatkan MOU kembali guna meningkatkan pelayanan internet, menunjang smart city, dan juga kota pendidikan di Kabupaten Buleleng.

Sementara itu, I Putu Dedi Krisna Pramulya selaku Senior Manager Biznet Area Indonesia Timur menerangkan kerjasama ini agar bisa mengakomodir masyarakat umum yang membutuhkan akses internet di area publik, mendukung digitalisasi, dan juga menunjang program pemerintah dalam mewujdukan Buleleng Smart City.

Baca Juga :  Remaja Dituntut Aktif Mengedukasi Permasalahan HIV/AIDS Sedini Mungkin

“Ini merupakan salah satu CSR dari kita dalam artian support internet ini untuk menunjang kebutuhan digital masyarakat di area publik,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan bahwa coverage area layanan Biznet yaitu di wilayah kota Singaraja, selanjutnya di Kecamatan Seririt, Pemuteran, dan yang terbaru akan ekspansi di wilayah Pancasari.

Dedi mengklaim satu titik hotspot akan berkecepatan 10 MBps dapat mensupport sebanyak 100 user sekaligus, dan hal itu bisa ditambah kapasitasnya jika dilengkapi dengan beberapa access point tergantung dari kebutuhan traffic masyarakat disekitar itu.

Dedi menginginkan kerja sama ini dapat berlanjut terus untuk mendukung digitalisasi dan bisa mengcover kegiatan masyarakat terutama dalam bidang pendidikan.

Baca Juga :  Bupati Kepulauan Aru Pelajari Program Satu Data Jembrana

“Dengan internet ini lebih mudah di akses, otomatis akses pendidikan juga akan lebih mudah,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan