Permohonan Penghargaan Atma Kerti Meningkat, Anggaran Rp 3,8 Miliar Menipis

Kadisdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara
Kadisdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karangasem menerima belasan permohonan penghargaan program Atma Kerti pengurusan akte kematian setiap harinya.

Hal ini diakui oleh Kadisdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara saat ditemui awak media pada Selasa siang (6/6/2023). Menurutnya, jika dirata – ratakan setiap harinya ada 18 permohonan penghargaan Atma Kerti yang diajukan ke Disdukcapil.

“Rata-rata 18 permohonan setiap harinya, dari Januari hingga akhir Mei 2023 ini kami (Disdukcapil) sudah menerima 1.297 pemohon,” ujarnya.

Dengan tingginya permintaan tersebut, membuat anggaran yang disiapkan pada APBD induk 2023 sebesar Rp 3,840 Miliar menipis. Bahkan jika angka permintaan terus seperti saat ini diperkirakan anggaran program Atma Kerti hanya cukup untuk dua bulan kedepan.

Baca Juga :  Teringat Masa Lalu, Pria asal Sibetan Ngamuk di Rumah Kakak Kandungnya

“Untuk anggaran tahun ini kita proyeksikan penerima sebanyak 1.920 penghargaan. Namun karena antusiasme yang tinggi, kemungkinan sisa anggaran hanya cukup untuk dua bulan kedepan,” ungkap Kusuma Negara.

Melihat antusiasme masyarakat, pihaknya berencana kembali mengajukan permohonan anggaran tambahan pada APBD perubahan untuk mengcover permohonan yang masuk hingga akhir tahun 2023 apabila anggaran yang saat ini habis.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan