Senin, Oktober 26, 2020
Beranda Bali Buleleng Permudah Proses Pendataan Dan Pengawasan Slot Reklame, BPKPD Luncurkan Aplikasi Sireko

Permudah Proses Pendataan Dan Pengawasan Slot Reklame, BPKPD Luncurkan Aplikasi Sireko

BULELENG, balipuspanews.com – Permudah pelayanan sekaligus guna memaksimalkan penyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak reklame.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) meluncurkan secara resmi aplikasi Sistem Informasi Reklame Online, pada Senin (21/9/2020) bertempat di Kantor BPKPD Kabupaten Buleleng.

Sekretaris BPKPD Kab. Buleleng Ni Made Susi Adnyani menjelaskan bahwa aplikasi yang disingkat Sireko itu setelah diluncurkan nantinya akan mempermudah proses pendataan dan pengawasan seluruh slot reklame yang dimiliki oleh Pemkab Buleleng.

Operasionalnya katanya akan dilakukan secara bersinergi oleh BPKPD, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosanti).

Melalui Sireko, Susi menerangkan bahwa urusan pemasangan reklame dapat dilakukan lebih cepat, sebab dalam aplikasi ini proses pengajuan izin hingga pemasangan reklame dapat berjalan lebih cepat karena aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi perizinan terpadu Sicantik milik DPMPPTSP.

“Kami di BPKPD ini selaku pendata, atas potensi pajak reklame, kemudian hasil pendataan itu akan kita sinergikan dengan Sicantik, perijinan akan diproses oleh DPMPPTSP” jelasnya.

Selain itu, nantinya reklame yang sudah habis izin pasangnya maupun yang didirikan tanpa izin dapat diawasi melalui aplikasi sehingga dapat segera ditindak, dengan ini diharapkan pemasang dapat segera mengurus izinnya atau mengajukan perpanjangan.

“Di sini Satpol PP selaku pengawas akan secara online melakukan pengawasannya” imbuhnya.

Melalui penerapan aplikasi tersebut ke depannya BPKPD Kab. Buleleng dapat meningkatkan penyerapan pajak reklame secara signifikan. Sehingga semua berjalan secara optimal.

“Kalau semuanya bisa tergali secara optimal, kita bisa (meningkatkan) sampai 150 persen,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of