Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

SUKASADA, balipuspanews.com — Memperingati Hari Air Sedunia, Persatuan Pengelola Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Provinsi Bali melakukan reboisasi. Sedikitnya, 1000 pohon produktif ditanam di hutan desa berlokasi di Banjar Mekar Sari, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Jumat (29/3).

Nah, adapun pohon produktif jenis buah yang ditanam yakni, pohon Sawo, Durian, Manggis dan tanaman keras lainnya.

Ketua Perpamsi Bali, Ketut Golak mengungkapkan, penanaman pohon produktif ini bertujuan untuk menjaga kelestarian sumber air yang ada di kabupaten Buleleng. Dimana setiap tahunnya, Perpamsi Bali secara rutin menggelar acara tanam pohon di seluruh kabupaten di Bali secara bergiliran.

“Kami ingin memberikan kesadaran kepada masyarakat jika air itu merupakan kebutuhan nomor dua setelah udara. Jadi sumber air itu harus dijaga lewat penghijauan,” singkatnya.

Sementara, Kepala PDAM Buleleng, Made Lestariana yang juga penasihat Perpamsi Bali mengatakan, penanaman ini berdasarkan hasil kordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Bali. Dimana penanaman dilaksanakan di hutan desa yang cukup banyak ditemukan di lima kecamatan di Buleleng.

“Hutan Desa Panji ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk ketersediaan air baku di Buleleng. Memang saat ini masih dari sisi ketersediaan untuk pelayanan masih sangat mencukupi, namun masih ada beberapa yang kurang untuk daerah di perbukitan,” ungkapnya.

Dirut Lestariana merinci, ada beberapa wilayah perbukitan yang masih kurang mendapatkan layanan air bersih. Seperti di daerah Kecamatan Banjar bagian atas, serta di Desa Julah, Kecamatan Tejakula.

Untuk itu, dengan adanya SPAM Bendungan Titab-Ularan, Bendungan Tamblang, serta SPAM Air Sanih, Lestariana berharap daerah-daerah tersebut dapat segera mendapatkan layanan air bersih.

“Terkait penyediaan air baku, sudah kami susun perencanaannya melalui pembangunan bendungan, pemanfaatan air danau yang akan dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Bali Penida,” pungkasnya.

Advertisement
Loading...