Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando
Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando
sewa motor matic murah dibali

JAKARTA, balipuspanews.com –Perkembangan Iptek memberikan dampak yang signifikan di berbagai sektor kehidupan dan perpustakaan ikut berubah fungsi karena adanya perkembangan ini.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando mengungkapkan perpustakaan berperan sebagai garda terdepan dalam penyediaan informasi yang kredibel bagi masyarakat.

“Perpustakaan dengan segala kemampuannya bertransformasi memberikan layanan informasi berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan semua kalangan,” kata Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando pada acara pembukaan Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional 2019 di Hotel Arya Duta Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Muhammad Syarif Bando mengatakan pustakawan di era milenial harus menghasilkan inovasi dan kreatifitas menyajikan informasi dan pelayanan yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat milenial.

“Di era persaingan global, kompetensi menjadi syarat mutlak, namun pustakawan juga mesti memiliki kreativitas dan inovasi dalam mengelola perpustakaan
Inovasi yang dibuat pustakawan wajib dirasakan langsung oleh masyarakat,” tutur Muhammad Syarif Bando.

Ditegaskannya, pustakawan yang memiliki inovasi dan dedikasi tinggi dalam mengelola perpustakaan secara profesional serta pelayanan secara maksimal layak disebut sebagai pustakawan berprestasi terbaik. Maka dari itu, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) memberikan apresiasi bagi pustakawan melalui ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional 2019.

Ajang yang diikuti oleh 29 peserta pustakawan yang mewakili provinsi berlangsung dari tanggal 13-19 Agustus, di Hotel Aryaduta, Jakarta. Pustakawan yang berpartisipasi adalah Pustakawan terbaik yang sudah melalui tahapan seleksi di tingkat provinsi.

Kegiatan ini menurut Muhammad Syarif Bando, diharapkan dapat menjadi stimulus bagi seluruh pustakawan Indonesia agar lebih giat berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan literasi masyarakat.

“Jika kompetensi pustakawan meningkat, maka otomatis kualitas perpustakaan terus berkembang sehingga citra perpustakaan dan pustakawan sebagai partner masyarakat dalam proses belajar dan berkarya tetap baik. Hal ini akan mendorong masyarakat untuk terus memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berguna dalam peningkatan kesejahteraannya,” ungkap Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando. (Ivan/BPN/Tim)