Perpustakaan Desa Mengwi meraih juara harapan I Nasional dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2019.
Perpustakaan Desa Mengwi meraih juara harapan I Nasional dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2019.
sewa motor matic murah dibali

JAKARTA, balipuspanews.com – Di hari kemerdekaan RI ke-74, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung mendapat kado indah. Perpustakaan Desa Mengwi meraih juara harapan I Nasional dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2019. Penyerahan sertifikat penghargaan dilaksanakan di Jakarta, Jumat (16/8) lalu.

Penghargaan diserahkan Ketua Panitia Samsul Bahri, dan diterima Perbekel Mengwi I Ketut Umbara. Dihadiri langsung Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando. Ikut hadir Kepala Bidang Pembinaan dan Evaluasi Yosep Sridana dan Kepala Bidang Pelayanan dan Pelestarian Dewa Gd. Yoga Tangkeban.

Perbekel Mengwi, I Ketut Umbara mengatakan keberhasilan Desa Mengwi tidak terlepas dari dukungan semua pihak terutamanya pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung. Menurutnya, dalam mengikuti lomba perpustakaan nasional, Desa Mengwi telah melakukan pengembangan dan pendayagunaan Perpustakaan sebagai sumber informasi dan sumber belajar masyarakat, dalam upaya meningkatkan serta mencerdaskan minat baca masyarakat.

Guna pemberdayaan Perpustakaan Desa Mengwi, pihaknya akan selalu mengadakan kerjasama dengan Sekolah-sekolah baik SD, SMP maupun SMA/ SMK, juga masyarakat umum yang ada di Mengwi serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung.

Sementara Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Badung Ni Wayan Kristiani mengucapkan selamat atas prestasi nasional yang diraih Perpustakaan Desa Mengwi. Menurutnya lomba perpustakaan diadakan sebagai wujud terlaksananya 4 (empat) pilar perpustakaan yaitu pustakawan, pemustaka, pustaka dan gedung perpustakaan, untuk dikembangkan secara bersama. Dengan ini ia berharap semakin banyak masyarakat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah ilmu, juga sebagai tempat rekreasi atau hiburan. Dan meningkatnya budaya minat baca masyarakat bisa kita dicapai melalui meningkatnya jumlah masyarakat yang berkunjung dan membaca buku di perpustakaan desa.

Sebelum meraih penghargaan Nasional, Perpustakaan Desa Mengwi telah melalui beberapa tahap penilaian. Puncaknya berhasil masuk nominasi enam besar nasional dan kembali dievaluasi Tim Penilai Pusat pada Senin (5/8), di Gedung Kerta Gosa, Desa Mengwi.

(cita/bpn/tim)