Plt Wali Kota Jaya Negara menghadiri Upacara Melaspas, Mendem Pedagingan dan Piodalan di Pura Puseh dan Desa Pakraman Oongan
sewa motor matic murah dibali

Denpasar, balipuspanews.com – Bertepatan Purnama Kadasa Wuku Landep, Desa Pakraman Oongan dan Desa Pakraman Dukuh melaksanakan Upacara Melaspas, Mendem Pedagingan dan Piodalan di Pura Puseh dan Desa Pakraman Oongan, Sabtu (31/3).

Acara yang dipuput oleh Ida Pandita Mpu Yoga Daksa Paramitha Griya Taman Batur Sari Peraupan Denpasar Utara nampak sangat khusyuk. Prosesi upacara ini dihadiri Plt Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Anggota DPRD Komisi I Ketut Suteja Kumara dan Anggota DPRD Dapil Denpasar Utara AA Widiada.
Sebelum persembahyangan bersama dimulai ditampilkan Tarian Topeng, Tari Baris dan Tarian Rejang Renteng oleh ibu -ibu PKK Desa Pakraman Oongan dan Desa Pakraman Dukuh. Dilanjutkan mendem pedagingan oleh Plt Wali Kota IGN Jaya Negara.

Dalam kesempatan ini, Jaya Negara mengapresiasi semangat krama Desa Adat Oongan dan Dukuh dalam melakukan pemugaran pelinggih dan dilanjutkan dengan prosesi upacara saat ini. Apa yang menjadi harapan bersama dalam upacara ini dapat menjadi acuan dalam penguatan adat dan budaya serta memohon anugrah kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa.

“Semoga hal ini mampu memberikan peningkatan sradha bakthi krama desa setempat dan memberikan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Bendesa Pakraman Adat Oongan Denpasar Utara I Nyoman Meja mengatakan, dilaksanakan upacara ini berkaitan dengan usainya pemugaran di Pelinggih Tajuk Ratu Puseh dan Gedong Ratu Puseh. Pemugaran ini dilakukan melihat kondisi pelinggih yang secara keseluruhan sudah rapuh termakan usia. Sehingga pemugaran dilakukan dari Bulan Desember tahun 2017 lalu dan usai Pertengahan Bulan Maret 2018 ini.
Lebih lanjut ia mengatakan Pura Puseh lan Desa ini diempon oleh dua banjar yakni Desa Pakraman Oongan Kelurahan Tonja Kecamatan Denpasar Utara dan Desa Pakraman Dukuh Kelurahan Kesiman Kecamatan Denpasar Timur.

Untuk prosesi upacara Meja mengaku telah berlangsung dari tanggal 28 Maret diawali dengan prosesi Nancep Sanggar Surya dan Mecaru Eka Sata.

“Sementara puncak acara berlangsung hari ini yakni bertempatan pada Purnama Kadasa, Sedangkan Penyinepan akan berlangsung tanggal 2 April mendatang,” katanya.

Dengan berlangsungnya acara ini, ia berharap seluruh Warga masyarakat Desa Pakraman Oongan dan Desa Pakraman Dukuh diberikan keselamatan dan kerahayuan. (bp)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here