Kamis, April 18, 2024
BerandaDenpasarPersiapan Akreditasi Internasional ASII, FMIPA Unud Gelar Workshop

Persiapan Akreditasi Internasional ASII, FMIPA Unud Gelar Workshop

DENPASAR, balipuspanews.com
Dalam rangka mempersiapkan akreditasi Internasional khususnya Prodi di Fakultas FMIPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam kembali menggelar Workshop Akreditasi Internasional ASIIN yang diselenggarakan pada 15 Mei 2023 lalu, bertempat di Gedung Perpustakaan Universitas Udayana.

Kegiatan yang dihadiri oleh pihak Dekanat Fakultas MIPA, ketua UP3M, Koprodi dan dosen Fakultas MIPA, tim Taskforce Akreditasi Internasional ASIIN dari setiap prodi, serta tim Penjaminan Mutu Fakultas dan Prodi MIPA merupakan sebuah wujud realisasi dari instruksi dekan FMIPA Universitas Udayana untuk mempersiapkan akreditasi internasional.

Tujuan workshop ini untuk melatih seluruh civitas akademika FMIPA untuk mempersiapkan akreditasi ASIIN, mengidentifikasi dokumen apa saja yang harus disediakan pada tiap kriteria.

Workshop yang merupakan kelanjutan dari sosialisasi Akreditasi Internasional ASIIN yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 14 April 2023, pada kesempatan kali ini kembali menghadirkan Dr. Ir. Leni Sophia Heliani, ST., M.Sc., IPU Komisi 1 Senat Akademik UGM sebagai narasumber.

Dekan FMIPA, Dra. Ni Luh Watiniasih mengungkapkan, dalam mempersiapkan fakultas MIPA untuk terakreditasi internasional, telah dilaksanakan tiga kali persiapan sebelumnya. Sebagai salah satu fakultas yang ditarget untuk diakreditasi internasional dalam hal ini ASIIN dari workshop yang akan dilakukan ini.

BACA :  Bantah Galang Dukungan, Ini Jawaban Camat dan Perbekel Klungkung Datangi Bupati Giri Prasta

“Sebenarnya ini sudah kali ke empat. Fakultas MIPA sudah mempersiapkan diri, dua diantaranya sudah mengenai kurikulum ber-Outcome Based Education atau OBE, kemudian yang lalu dengan Ibu Leni juga narasumber yang hari ini hadir itu kita sudah melakukan sosialisasi dan hari ini adalah lanjutan dari itu tentang kriteria atau checklist yang harus kita persiapkan” Ucap Watiniasih.

Lebih lanjut Watiniasih menambahkan, yang ditarget untuk akreditas internasional merupakan prodi yang sudah terakreditasi unggul. Namun, dekanat FMIPA telah memutuskan untuk mengambil kebijaksanaan bahwa seluruh prodi harus mengikuti program tersebut.

Dihubungi disaat ISHOMA, Ketua Panitia Workshop Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN, Dr. AA Istri Eka Karyawati menuturkan, sebenarnya kegiatan ini direncanakan pada tahun lalu namun, baru dapat direalisasikan pada tahun ini.

Dalam persiapannya, kegiatan ini mengalami kendala anggaran dan karena memang masih baru diselenggarakan serta adanya keraguan akan partisipasi dari dosen-dosen yang ada di lingkungan Fakultas MIPA.

“Persiapan persiaapannya agak berat karena memang masih baru dan masih ragu apakah memang teman teman dosen di mipa ini mau berpartisipasi aktif dalam workshop. ternyata setelah sehari penuh, partisipasinya bagus, ada dukungan dari teman2 dosen FMIPA,” imbuh Eka.

BACA :  Dewan Buleleng Bahas Finalisasi Draf Rekomendasi LKPJ Bupati Tahun 2023

Dengan diadakannya acara sosialisasi ini, Eka berharap agar masing-masing tim Taskforce prodi di Fakultas MIPA untuk mulai menyusun dokumen dokumen yang diperlukan agar nantinya fakultas sudah siap untuk melaksanakan akreditasi internasional ASIIN.

Sementara itu Ketua Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Fakultas MIPA, Dr. I Nengah Wirajana menceritakan bagaimana kesiapan UP3M dalam akreditasi internasional ini. UP3M telah membentuk tim persiapan akreditasi di tingkat fakultas semenjak tahun lalu.

Kemudian ditindaklanjuti dengan membuat tim akreditasi di tingkat prodi tahun ini dan melakukan workshop secara berkala.

“UP3M Fakultas MIPA akan menyiapkan diri untuk melakukan continuous quality improvement atau penjaminam mutu secara terus menerus,” pungkas Wirajana.

Salah satu peserta workshop, Koordinator Prodi S2 Kimia, I Gusti Agung Gede Bawa, mengaku sangat terkesan sekali dalam kegaitan ini. Koprodi yang biasa dipanggil Gung Bawa ini menyatakan kalau kegiatan ini sangat membantu sekali karena kita jadi banyak mengetahui tentang persiapan kegiatan akreditasi internasional ASIIN.

“Kami berharap semoga ada keterlibatan dalam akreditasi ASIIN dari prodinya,” harapnya memungkasi.

BACA :  Puncak Arus Balik, Bandara Ngurah Rai Layani 77 Ribu Lebih Penumpang

Sumber: www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular