Persiapan Bebas Odol, Tim Gabungan Gelar Operasi

Tim gabungan menggelar operasi terhadap truk over dimensi over loading (Odol), Rabu (26/1/2022).
Tim gabungan menggelar operasi terhadap truk over dimensi over loading (Odol), Rabu (26/1/2022).

JEMBRANA, balipuspanews.com- Menjelang diberlakukannya larangan beroperasi truk over dimensi over loading (Odol) penertiban mulai dilakukan. Pada Rabu (26/1/2022) tim gabungan mengelar operasi.

Tim gabungan dari satlantas Polres Jembrana, Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Pemkab Jembrana dan pertugas dari unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor (UPPKB) Cekik, melakukan pemeriksan terhadap kendaraan barang di Terminal Negara.

Truk masuk Bali yang terlihat pajang atau muatanya melebihi kapasitas diperiksa dengan teliti. Dari pemeriksaan itu dtemukan enam truk odol.

Beberapa truk odol ini bahkan tidak layak jalan lantaran kondisi bak yang sudah miring serta ban yang tipis dan rawan pecah.

Kasat lantas Polres Jembrana AKP dewa Gede Ariana, mengatakan penertiban truk odol dengan tilang juga telah dilakukan dinas perhubungan di jembatan timbang  Cekik Gilimanuk.

Penertiban ini dilakukan untuk menindaklajuti undang-undang dimana tahun 2023 direncanakan bebas angkutan Odol.

“Kenapa ini harus diterapkan karena betul-betul sudah sangat berakibat fatal bagi pelanggaran tersebut baik itu secara struktur jalan dan itu kita laksanakan sekarang jadi wilayah kita di Bali khususnya wilayah Jembrana kita sudah menerapkan penindakan kurang lebih saat ini baru 6 pelanggaran,” ungkapnya.

Bersama instansi terkait dari UPPKB Cekik juga sudah melakukan penindakan namun jumlahnya setiap minggu akan dilaporkan ke lalu lintas yang dilanjutkan ke sidang pengadilan.

Sementara itu salah satu sopir truk Odol, Gusti Komang Widarma mengaku tidak setuju truk Odol dihapus.

Sebab dengan mengoperasikan truk standar, dirinya akan sulit mendapat muatan ditengah persaingan yang semakin ketat.

“Kalau saya harus motong truk ini lagi, keluar biaya. Kalau diperpendek, nyari muatan yang sulit rasanya,”ujarnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version