Jumat, Juli 26, 2024
BerandaBadungPersiapkan Keuangan Sejak Dini, Pemkab Gelar Road Show Badung Muda Melek

Persiapkan Keuangan Sejak Dini, Pemkab Gelar Road Show Badung Muda Melek

BADUNG, balipuspanews.com
Literasi keuangan terus digaungkan
Tim Percepatan Ases Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Badung. Hal ini dilakukan agar bisa mengatur keuangan sejak dini serta terhindar dari ilegal. Literasi dikemas dalam Road Show Badung Muda Melek Investasi bertempat di Ruang Rapat Kertha Gosana, Kantor Bupati Badung, Minggu (28/5/2023).

Seminar yang diikuti 300 guru penggerak, 50 forum anak daerah, 100 siswa SMAN 1 dan 2 Kuta Utara, dan 100 siswa dari SMPN 1 dan 2 Kuta Utara itu adalah kerjasama Pemkab Badung dengan OJK, Pegadaian, BPD Bali, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Diharapkan dalam seminar ini mampu memberikan pengetahuan tambahan terhadap pentingnya literasi keuangan.

Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Disdikpora Badung, Rai Twistyanti Raharja mengatakan, tema yang diangkat dari seminar ini adalah pentingnya perencanaan keuangan sejak dini. Dalam seminar ini bekerjasama dengan OJK, Pegadaian, BPD Bali, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

“Seminar ini untuk menyampaikan apa sih pentingnya literasi keuangan itu. Kemudian supaya kita bisa merencanakan keuangan kita sejak dini, supaya kita tidak terjerat dari investasi ilegal dan lain sebagainya, kita bisa memanfaatkan uang kita dengan baik,” ujarnya.

BACA :  Ditandai Dengan Pemukulan Gong, Wabup Suiasa Buka Acara Opening Ceremony Bali International Choir Festival

Menurutnya, Badung Muda Melek Investasi ini merupakan sebuah inovasi yang dimunculkan berdasarkan permintaan tim percepatan inovasi daerah. Program ini pun diakuinya akan digelar secara berkelanjutan.

“Kita bekerjasama dengan Forum Anak Daerah, kita menunjuk agen literasi keuangan yang bertugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Dari program tersebut ada sub programnya ini adalah salah satu target kita yang harus dicapai adalah untuk memberikan literasi keuangan kepada masyarakat khususnya siswa dengan guru,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyebutkan, program ini dimulai sejak tahun 2022. Untuk tahun ini seminar ini adalah kegiatan yang pertama. Ia pun menyebutkan kedepannya akan ada kegiatan serupa dengan tema yang lebih menarik lagi. Kemudian puncak kegiatan diharapkan dapat terlaksana pada Badung Education Fair pada Agustus 2023.

“Kita sangat berharap bisa saling mengimbaskan, sebenarnya peserta ini tidak dari semua sekolah di Kabupaten Badung. Jadi saya harapkan setiap peserta bisa mengimbaskan kepada saudara di rumah, teman di sekolah, jadi bisa saling tahu sedikit dari kita bisa bermanfaat bagi adik-adik kita di sekolah ini,” harapnya.

BACA :  Banyak Hotel Tak Berizin di Nusa Penida Sebabkan Nengah Setar Enggan Bayar Pajak

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular