Aktivitas
Aktivitas "kuliah" membuat kerajinan vas bunga berbahan sabun mandi.
sewa motor matic murah dibali

TABANAN, balipuspanews.com – Puluhan ibu Desa Delod Peken, Tabanan sejak beberapa hari lalu disibukkan dengan aktivitas “kuliah” membuat kerajinan vas bunga berbahan sabun mandi. Kuliah itu sendiri merupakan sebuah program kegiatan yang bertajuk Pelatihan Peningkatan Kwalitas Hidup Perempuan (PKH-P).

PKH-P ini sendiri dibuka secara langsung oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya. Kegiatannya dipusatkan di Aula Kantor Desa Delod Peken dan berlangsung dari tanggal 9 hingga 19 September nanti.

Kepada awak media Balipuspanews.com Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya belum lama ini mengatakan, pihaknya sangat mendukung program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kwalitas hidup kaum perempuan. Sehingga melalui pelatihan yang diikutinya para peserta akan mampu menambah ketrampilan yang kemudian dapat dijadikan sarana untuk menambah pendapatan keluarga.

“Kegiatan seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi kaum ibu karena nantinya pengalaman yang didapat bisa dijadikan untuk mencari penghasilan tambahan dengan tetap mengutamakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga,” sebutnya.

Istri Wabup Dr. Sanjaya ini menjelaskan, materi pelatihannya cukup unik dan mungkin baru pertama kalinya di Bali. Yakni para peserta dilatih untuk mengolah sabun mandi untuk dijadikan kerajinan berupa vas bunga. Pelatihnya sendiri memang seorang pengrajin vas bunga sabun mandi yang sangat berpengalaman dan cukup menguasai pasar di Bali, khususnya pasar atau konsumen di seputaran Tabanan, Badung dan Denpasar.

“Membuat vas bunga berbahan sabun mandi terbilang baru, unik dan seni. Jadi saya lihat kedepan hasil kerajinan ini memiliki peluang pasar lokal yang cukup baik,” imbuhnya.

Sementara pelatih kegiatan Ni Wayan Eka membenarkan ada peluang ekonomi yang cukup bagus dari kerajinan vas bunga berbahan sabun mandi. Pemasarannya sendiri memanfaatkan medsos seperti WA, instagram dan facebook.

“Konsumen saya umumnya kaum ibu dan mereka tertarik membeli karena unik serta vas bunga sabun mandi dapat mengharumkan ruangan,” jelasnya.

Eka menambahkan, selain untuk dikoleksi langsung, konsumennya juga sering memesan karyanya untuk dijadikan kado ataupun cindera mata. (BPN-rah/tim)