Kamis, Maret 28, 2024
BerandaDenpasarPerusda Bali Jalin MoU untuk Budidaya dan Pengolahan Singkong

Perusda Bali Jalin MoU untuk Budidaya dan Pengolahan Singkong

Denpasar, balipuspanews.com – Perusahan Daerah (PERUSDA) Provinsi Bali membuat terobosan baru menjalin kerja sama di bidang agribisnis yang dituangkan dalam Kesepakatan Bersama “Memorandum of Understanding” (MoU) dengan PT Bintang Mandiri Sejahtera Ind.

Kesepakatan Bersama ini untuk meningkatkan pendapatan petani di Bali, terutama dalam budidaya dan pengolahan hasil pertanian singkong. Pertemuan kerja sama ini bertempat di Kantor Perusahan Daerah Provinsi Bali, Senin (17/07).

Direktur Utama Perusahan Daerah Provinsi Bali Nyoman Bhaskara menyatakan bahwa pihaknya melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis tersebut, untuk mengembangkan tanaman singkong di Bali.

Seperti yang diketahui bahwa singkong memiliki banyak manfaat. Selain untuk bahan tepung tapioka, singkong juga bisa diolah menjadi berbagai produk seperti sumber energi bio etanol, pakan ternak khususnya babi, pupuk dan lain-lain.

Menurutnya, di Bali masih banyak terdapat lahan-lahan “tidak berpengairan secara teknis” yang belum dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian secara optimal.

Untuk itu, diharapkan pertanian singkong yang akan kerjakan oleh PT Bintang Mandiri Sejahtera dengan bekerja sama dengan para kelompok-kelompok tani di Bali akan dapat memanfaatkan lahan-lahan itu dan nantinya menghasilkan produk pertanian singkong serta produk integrasi lainnya dengan baik.

BACA :  Edan, Gadai Emas Pacar, Uangnya Malah Dibagikan ke Pacar

Dia juga menjelaskan bahwa bisnis ini akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para petani. Selain sebagai penyedia lahan, para petani juga akan mendapatkan bibit unggul dari singkong cassava untuk ditumbuhkembangkan dan nantinya bagi hasil akan dilakukan secara merata.

Di samping untuk para petani, Bhaskara menjelaskan bahwa bisnis tersebut juga akan terintegrasi dengan para peternak babi di mana sisa hasil pengolahan singkong akan dijadikan pakan ternak babi yang memiliki kadar protein tinggi. Hal ini akan memberikan manfaat bagi nutrisi babi.

untuk mewujudkan hal itu, maka perusahaan ini akan membangun tiga pabrik pengolahan singkongdi Bali yaitu pabrik bio etanol, pabrik tepung tapioka dan pabrik pakan ternak (pig meal).

Sedangkan terkait lahan, perusahan tersebut membutuhkan lahan sekitar 3.500 hektar, sedangkan Perusda sendiri baru memiliki lahan sekitar 1.800 hektar dan kekurangannya, akan dilakukan kerjasama dengan kepada para petani sebagai kebun plasma.

Ia berharap, adanya jalinan kerjasama yang telah di tuangkan kedalam MoU ini tidak hanya pemberlakukan secara simbolis semata, namun PT Bintang Mandiri Sejahtera benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan usaha ini di Bali dan memberikan kontribusi nyata bagi para petani dan pembangunan Bali yang lebih baik ke depannya, khususnya dalam bidang pertanian.

BACA :  Ketua DPD RI Diskusi Isu Kebangsaan hingga Sepak Bola Bersama Senator Baru Papua dan Maluku

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan MoU antara Direktur Utama Perusahan Daerah Provinsi Bali Nyoman Bhaskara dengan Direktur PT Bintang Mandiri Sejahtera Ind Alex Yonathan E Tawas.

Acara ini juga saksikan oleh Perwakilan dari Dewn Pengawan Perusda, Perwakilan Biro Perekonomian Setda Provinsi Bali serta undangan lainnya.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular