Petani dan Nelayan di Desa Kaliasem Kesulitan Mendapatkan BBM di SPBU

Kelompok nelayan dan petani di Desa Kaliasem saat menyampaikan keluhan tentang susahnya mendapatkan solar kepada Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H.
Kelompok nelayan dan petani di Desa Kaliasem saat menyampaikan keluhan tentang susahnya mendapatkan solar kepada Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H.

BULELENG, balipuspanews.com– Ketika pelaksanaan kunjungan Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H didampingi Kapolsek Banjar, Jumat (9/12/2022) ke Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng terdapat sejumlah keluhan dari masyarakat yang kesehariannya sebagai petani dan nelayan yakni salah satunya kesulitan mendapatkan BBM jenis solar di SPBU bahkan dari pihak SPBU dikatakan menolak untuk melayani pembelian.

Menanggapi hal itu, Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H mengaku akan segera menindaklanjuti keluhan tersebut bersama instansi terkait dan akan meminta kepada pemilik SPBU yang ada di Wilayah Kabupaten Buleleng kiranya dapat melayani pembelian solar sesuai dengan rekomendasi dari pemerintah desa ataupun instansi terkait.

“Kita pasti tindaklanjuti hal itu bersama instansi terkait jadi bagaimana agar para nelayan dan petani yang memerlukan BBM jenis solar bisa mendapatkan sesuai rekomendasi yang telah dimiliki,” ungkapnya.

Selain mendapatkan keluhan tentang sulit mendapatkan solar, pihaknya mengakui jika ada keluhan di wilayah laut Desa Kaliasem sering didatangi penyelam untuk melakukan pencarian ikan.

Biasanya para penyelam tersebut datang ketika para nelayan sudah tidak ada di laut, sehingga pihaknya diminta untuk membantu mengamankan wilayah laut Desa Kaliasem dikarenakan ada taman laut dengan terumbu karang yang indah dilokasi berkaitan.

“Untuk pengamanan terumbu karang yang dimiliki nelayan Desa Kaliasem, akan dilakukan patroli pada jam-jam tertentu (dini hari) oleh Satuan Polairud Polres Buleleng dan diharapkan informasi serta kerjasama dari nelayan untuk nantinya sama-sama menjaga dan melestarikan terumbu karang yang ada di perairan Desa Kalasiasem,” pintanya.

Diakhir kegiatan, Kapolres Buleleng mengajak masyarakat Desa Kaliasem agar bersama-sama menjaga Harkamtibmas karena harkamtibmas adalah tanggung jawab bersama baik dari unsur keamanan dan elemen masyarakat lainnya sehingga dapat terciptanya harkamtibmas.

“Apabila nantinya ada gangguan Kamtibmas untuk segera dilakukan antisipasi, sehingga dapat dilakukan pencegahan yang dapat membatalkan gangguan kamtibmas” harap Kapolres.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan