Petani salak
Petani salak
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Ni Nyoman Koti (60) salah seorang petani salak asal Selat, Karangasem sumbringah ketika memanen buah salak ditengah kebun miliknya.

Bagaimana tidak, yang membuat Koti sumbringah ketika memanen buah salaknya adalah harga salak yang belakangan ini mulai stabil. Tidak seperti sebelumnya, ketika musim panen harga salak bisa jatuh merosot dibawah Rp. 2.500 untuk satu kilogramnya hingga tak jarang membuat para petani salak gigit jari.

Namun belakangan ini, menurut Nyoman Koti, harga salak mulai stabil. Saat ini untuk salak biasa dengan kualitas super dijualnya dengan harga Rp. 10. Ribu perkilogramnya sementara sisa sortirannya laku dijual dengan harga Rp. 3 ribu perkilogramnya.

Selain salak biasa, Koti juga memanen salak Gula Pasir. Untuk jenis salak gula pasir ini memang memiliki nilai jual yang cukup mahal dibandingkan salak jenis lainnya. Untuk satu kilogramnya Koti menjual dengan harga dikisaran Rp. 20 sampai Rp. 25 ribu perkilogranya.

Hanya saja harga salak satu ini juga tidak menentu, ketika musim panen harganya juga bisa turun namun tidak sampai dibawah Rp. 15 ribu perkilogramnya namun ketika usai masa panen harga salak Gula Pasir jadi meroket hingga tiga kali lipat dari harga normalnya.

“Senang, setahun belakangan ini harga salak relatif stabil, ketimbang sebelum sebelumnya, mungkin karena salaknya yang mulai jarang,” kata Nyoman Koti kepada media ini, Sabtu (14/09/2019).

Lanjut Koti, penyebab stabilnya harga salak belakangan ini kemungkinan dusebabkan oleh sedikitnya buah salak yang bisa dipanen dari kebun – kebun petani. Seperti dikebun milik Koti misalnya, dari sekian banyak pohon salak hanya 20 persen yang berbuah itupun sebagian belum siap panen.

Seluruh buah salak hasil panennya akan dijual di Pasar Pesangkan, biasanya Koti kepasar tiga hari sekali. Karena setiap tiga hari sekali Koti berkeliling dikebunnya untuk memanen buah salak yang sudah matang.

“Tiga hari sekali dijual kepasar Pesangkan, paling hanya bawa salak sekitar 50 kilogram,” tuturnya. (suar/bpn/tim)