Jumat, Juni 21, 2024
BerandaBulelengPetugas dan Warga Binaan Lapas Singaraja di Tes Urine, Hasilnya Negatif

Petugas dan Warga Binaan Lapas Singaraja di Tes Urine, Hasilnya Negatif

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak 77 orang petugas serta warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja di tes urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Buleleng, pada Selasa (23/5/2023). Namun hasilnya semua dinyatakan negatif atau tidak menggunakan narkoba.

Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, I Wayan Putu Sutresna menyampaikan kegiatan tes urine terhadap petugas dan warga binaan dilakukan bekerjasama dengan BNNK Buleleng. Dari total tersebut ada sebanyak 46 petugas dan 31 warga binaan yang ikut tes dengan hasil semuanya dinyatakan negatif narkoba.

Sutresna bahkan menyebutkan tidak hanya melakukan tes urine semata tapi dilakukan pula razia berdasarkan instruksi dari Dirjen Pemasyarakatan sebagai langkah atau upaya mewujudkan bagian dari tiga plus satu kunci permasyarakatan mau yang meliputi deteksi dini, sinergitas dengan APH, berantas narkoba, dan back to basic pemasyarakatan.

“Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkotika di dalam Lapas. Ini rutin kami akan lakukan setiap seminggu sekali,” ungkapnya ditemui disela-sela kegiatan.

Pihaknya pun mengaku tidak segan-segan akan menindak sesuai aturan yang berlaku apabila nantinya ada baik petugas maupun warga binaan yang kedapatan memakai narkoba atau sejenisnya.

BACA :  Gong Kebyar Wanita Paguyuban Seni Swarna Gianyar Pukau Penonton di PKB Ke-46

“Langkah ini sebagai upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) baik bagi warga binaan maupun petugas karena disini petugas adalah contoh untuk melaksanakan pembersihan peredaran narkoba di dalam Lapas,” imbuhnya.

Disisi lain, Kasi Rehabilitasi BNNK Buleleng Ni Luh Sri Ekarini,S.Kep.,Ns. mengatakan apa yang menjadi langkah yang dilakukan Lapas Kelas IIB Singaraja patut diapresiasi. Sebab kegiatan ini sebagai langkah untuk mendeteksi sejak dini apakah ada warga binaan maupun petugas yang mengkonsumsi atau menggunakan narkoba atau sejenisnya.

“Ini bagus untuk melakukan pencegahan peredaran narkoba di Lapas, kita harapkan ini bisa menjadi deteksi dini supaya warga binaan maupun petugas tidak menggunakan narkoba,” pungkasnya.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja I Wayan Putu Sutresna dengan didampingi Kasi Rehabilitasi BNNK Buleleng, Ka. KPLP, Putu Arya Subhawa, Kasi Binapigiatja, Wayan Riasa, Kasi Adminkamtib Ketut Arcana, dan Jajar.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular