Kamis, Mei 23, 2024
BerandaBulelengPetugas Gabungan Dapati Penumpang Tak Beridentitas di Pelabuhan Celukan Bawang

Petugas Gabungan Dapati Penumpang Tak Beridentitas di Pelabuhan Celukan Bawang

BULELENG, balipuspanews.com – Petugas gabungan Satpol PP bersama Disdukcapil, Kejaksaan Buleleng sekaligus Pemerintah Kecamatan Gerokgak melakukan operasi pendataan identitas diri terhadap penduduk pendatang (Duktang) atau non permanen di Pelabuhan Celukan Bawang. Hasilnya dari pemeriksaan ke kapal-kapal penumpang yang bersandar disana ditemukan sejumlah penumpang yang tidak membawa ataupun tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Satpol PP Buleleng, I Gede Arya Suardana menyampaikan operasi gabungan dalam rangka menciptakan ketertiban dan ketenteraman kependudukan secara rutin dilakukan dengan menyasar wilayah-wilayah Kabupaten Buleleng yang dinilai menjadi berpotensi besar masuknya penduduk pendatang (Duktang).

Khusus untuk di Pelabuhan Celukan Bawang sendiri Arya mengatakan berlangsung sejak Selasa (16/4/2024) malam. Adapun yang diperiksa berupa kelengkapan identitas dari penumpang. Hasilnya terdapat enam orang penumpang tidak membawa identitas dan empat orang lainnya hanya mengantongi surat keterangan jalan.

“Operasi gabungan sudah kami langsungkan sejak malam kemarin di Wilayah Kelurahan Banyuning lalu geser ke Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak sampai tadi (Rabu) pagi ada enam penumpang terjaring tidak bawa identitas dan empat hanya bawa surat keterangan jalan,” terangnya saat ditemui Rabu (17/4/2024).

BACA :  Wali Kota Jaya Negara Pimpin Upacara Harkitnas Ke-116

Arya juga memaparkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pada Selasa (16/4/2024), sekiranya Pukul 21.00 WITA pada Kapal Negara Bima Sakti Utama yang bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang tim gabungan menjaring enam orang Duktang tanpa membawa identitas diri/ KTP dan 43 orang lainnya ber-KTP luar Bali.

Kemudian pada giat operasi berikutnya tepatnya pada Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 06.00 WITA dilakukan pemeriksaan pada kapal penumpang asal Kecamatan Sepeken, Kabupaten Sumenep – Jawa Timur yang membawa 274 penumpang. Hasilnya sebanyak 270 Duktang yang berlabuh membawa identitas lengkap, sedangkan empat penumpang lainnya hanya membawa identitas surat keterangan jalan.

“Memang para Duktang yang didata dalam pemeriksaan kemarin sebagian besar adalah pekerja di Buleleng dan luar Buleleng, juga ada sebagian kecilnya mahasiswa. Namun kami tetap berikan pemahaman sekaligus pembinaan untuk melengkapi surat-surat administrasi kependudukan dengan baik sebagai penduduk non permanen di wilayah kerjanya,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular