PHDI Klungkung mengajak seluruh umat se-Dharma se-Kabupaten Klungkung, khususnya para pinandita untuk menghaturkan pejati secara serentak di pelinggih kemulan di merajan masing - masing pada Senin (30/3
PHDI Klungkung mengajak seluruh umat se-Dharma se-Kabupaten Klungkung, khususnya para pinandita untuk menghaturkan pejati secara serentak di pelinggih kemulan di merajan masing - masing pada Senin (30/3

SEMARAPURA, balipuspanews.com – PHDI Klungkung mengajak seluruh umat se-Dharma se-Kabupaten Klungkung, khususnya para pinandita untuk menghaturkan pejati secara serentak di pelinggih kemulan di merajan masing – masing pada Senin (30/3) sekitar pukul 18.30 Wita.

“Kami dari PHDI percaya umat sudah melakukan hal itu, tapi secara serentak kiranya belum. Berangkat dari itulah kami di PHDI Klungkung mengimbau secara serentak seluruh umat melakukan hal itu Senin besok,” beber Putu Suarta mengingatkan warga dan Umat.

Ditemui Ketua PHDI Klungkung, Putu Suarta, menyatakan langkah secara niskala tersebut dilakukan untuk memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar seluruh masyarakat diberikan perlindungan dan keselamatan sehingga wabah Covid-19 yang merebak belakangan ini bisa cepat musnah dari  muka bumi ini segera tanpa menunggu kapan itu terjadi.

Putu Suarta meminta selain meghaturkan pejati dimerajan madsing masing, juga mengajak ribuan pinandita atau jro mangku untuk bersama-sama menyuarakan bajra (genta) secara serentak pada saat itu juga.

Menurutnya hal ini dilakukan dengan harapan suara bajra yang disuarakan semua menjadi hening dan dunia ini menjadi lebih damai nantinya.

Dirinya berharap apa yang dilakukan ini ada kaitannya dengan fenomena yang terjadi belakangan ini. Seperti halnya terhadap kejadian gelung agung di Pura Besakih yang runtuh disambar petir. Jangan dipikirkan kejadian tersebut secara negatif jika itu terjadi di harapkan hal itu disingkirkan saja, namun dirinya berharap kejadian tersebut bisa membawa efek positif saja.

“Semua yang  kita serukan ini, adalah inisiatif dari PHDI Klungkung semata. Mudah-mudahan kabupaten lain bisa mengikuti ajakan hal ini,” pungkasnya. (RON/BPN/tim)