Jumat, April 19, 2024
BerandaBerita DuniaPiala Afrika: Senegal Raih Piala Pertamanya Sejak 60 Tahun, Kalahkan Mesir di...

Piala Afrika: Senegal Raih Piala Pertamanya Sejak 60 Tahun, Kalahkan Mesir di Final Lewat Adu Penalty

PIALA AFRIKA, Sadio Mane menebus kesalahannya dari titik penalti di waktu normal untuk mencetak penalti penentu kemenangan atas Mesir 4-2 dalam adu penalti untuk memenangkan gelar Piala Afrika pertama mereka sejak 60 tahun yang lalu, setelah final hari Minggu berakhir tanpa gol di akhir babak tambahan. waktu.

Sadio Mane telah melihat Mohamed Abou Gabal menyelamatkan penaltinya pada menit ketujuh di Stadion Olembe di Yaounde tetapi Mesir tidak dapat memanfaatkannya saat mereka melanjutkan ke perpanjangan waktu untuk pertandingan keempat berturut-turut di Piala Afrika.

Mohamed Salah akan mengambil langkah untuk mengambil penalti kelima Mesir tetapi dengan tendangan Mohamed Abdelmonem membentur tiang dan Mohanad Lasheen memiliki tendangannya diselamatkan oleh Edouard Mendy, bintang Liverpool tidak mendapatkan kesempatannya dan sudah hampir menangis saat menyaksikan penalti penentuan oleh Mane  yang berhasil dituntaskan.

Setelah dua kekalahan terakhir sebelumnya, Senegal akhirnya menjadi pemenang Piala Afrika, sementara Mesir kehilangan mahkota kontinental kedelapan yang memperpanjang rekor yang juga akan menjadi yang pertama bagi Salah.

BACA :  Tanggapi Pandangan Umum Fraksi-fraksi di DPRD Buleleng, Pj Bupati Ngaku Sependapat

“Itu hanya menunjukkan bahwa jika Anda bekerja keras, jika Anda bertahan, Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan,” kata pelatih Senegal Aliou Cisse kepada penyiar beIN Sports.

“Saya sangat emosional karena rakyat Senegal menginginkan trofi ini selama 60 tahun.”

Abou Gabal, yang dinobatkan sebagai man of the match, menyimpulkan suasana Mesir, dengan mengatakan: “Kami benar-benar kecewa, tetapi itulah sepak bola, Anda menang atau kalah.”

Selebrasi Senegal mengikuti final yang mengecewakan, yang kelima dalam 11 edisi terakhir turnamen yang ditentukan melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol.

Mesir telah dua kali memenangkan final yang diselesaikan melalui adu penalti setelah berakhir 0-0, dan mereka telah menang dengan cara yang sama dua kali dalam dua minggu terakhir, melawan Pantai Gading dan Kamerun.

Kali ini keberuntungan mereka habis karena turnamen berakhir di tempat di mana delapan orang tewas dan 38 orang terluka dalam kecelakaan pada 24 Januari.

Presiden negara itu yang berusia 88 tahun, Paul Biya, menghadiri upacara penutupan di mana ia diarak dengan mobil atap terbuka ke kerumunan yang histeris bersama istrinya, Ibu Negara Chantal Biya.

BACA :  Pemkab Jembrana Sosialisasikan Perlindungan PMI 

Presiden FIFA Gianni Infantino dan kepala CAF Patrice Motsepe juga hadir meskipun sorakan terbesar diberikan kepada pemain hebat Kamerun Samuel Eto’o, yang sekarang menjadi kepala federasi sepak bola negara itu, ketika wajahnya muncul di layar lebar.

Eto’o adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa di benua itu, tetapi final ini mempertemukan duo superstar Afrika saat ini, Salah dan Mane.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular