I Wayan Koster
I Wayan Koster
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com- Kedatangan Ketua DPD Partai Nasdem Karangasem ke DPD Golkar Bali untuk membangun dukungan dalam perhelatan Pilkada serentak 2020 khususnya di Kabupaten Karangasem membuat suasana koalisi merah-kuning tergerus.

Menyikapi kondisi tersebut, Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster tidak mempermasalahkan safari politik yang dilakukan Mas Sumatri ke DPD Golkar Bali. Pasalnya hal tersebut bagian dari strategi dalam memenangkan kontestasi politik.

Kemanapun ia membangun koalisi untuk membangun kekuatan untuk menghadapi partai pemenang Pileg lalu sah-sah saja.

“Soal koalisi merah, kuning, coklat, biru ga ada masalah, itu hak politik,” sentil Koster.

Meskipun sebelumnya santer berhempus bahwa calon dari PDIP sendiri akan mengusung ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana yang bakal berpasangan dengan politisi Golkar yang kini masih menjabat sebagai Wakil DPRD Karangasem I Nengah Sumardi atau sering disebut paket Nadi ( Dana-Sumardi).

Mendengar bahwa paket Nadi bakal terbentuk oleh PDIP, sebagai calon incumbent tidak mau kalah cepat. Diam-diam ternyata Ketua Dewan pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Karangasem langsung menikung selangkah lebih maju dengan mendatangi untuk memohon dukungan dan membuat koalisi baru dengan komunikasi kalau Golkar mau gabung akan berada pada posisi II atau Wakil.

“Nadi, tinggal liat nanti. Ga apa partai politik memang untuk kompetisi,” ungkapnya tegas, Senin (18/11) saat ditemui di kantor DPRD Bali usai rapat paripurna.

Koster menambahkan, meskipun Golkar bersama Nasdem, sebagai pemenang Pileg (PDIP red) tentu jumlah kursi mencukupi dari persyaratan maju membuat calon atau mengusung calon sendiri, pun tidak ada koalisi.

Sebagai partai pemenang Pileg 2019 di Karangasem, PDIP berhak mengusung calon mandiri pada 2020., pasalnya memenuhi syarat 20 persen suara parlemen.

Seperti diketahui, PDIP mampu menduduki 12 kursi legislatif dari total 45 kursi DPRD Karangasem atau mampu kuasai 26 persen lebih auara parlemen.

“PDIP siap, kalau ga ada teman juga siap, kita siap karena memenuhi syarat,” tegasnya.

Lebih jauh, Koster menegaskan adapun rekomendasi para calon kandidat yang diusung PDIP pada Pilkada 2020 akan turun pada akhir Desember.

“Akhir tahun itu DPP yang mengadakan,” tandasnya. (bud/bpn/tim).