Pilpres 2024, KPU Karangasem Kontinyu Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana
Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana

KARANGASEM, balipuspanews.com – KPU Karangasem mulai melakukan pemuktahiran data berkelanjutan untuk persiapan Pileg dan Pilpres 2024 mendatang.

Dalam pemuktahiran data pemilih tersebut, KPU Karangasem akan melakukan update data setiap satu bulan sekali. Pada bulan Agustus 2021 lalu, KPU Karangasem mencatat jumlah rekapitulasi daftar pemilih di Kabupaten Karangasem sebanyak 375.917 pemilih.

Jumlah tersebut meningkat dari jumlah daftar pemilih saat Pilkada Karangasem pada bulan Desember 2020 lalu sebanyak 375.063 pemilih. Peningkatan tersebut diakui oleh Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana.

“Ya persiapan Pileg dan Pilpres kita lakukan pemuktahiran data yang akan di perbaharui setiap satu bulan, sejauh ini memang ada peningkatan yang didominasi oleh pemilih baru,” ujarnya, pada Sabtu, (4/9/2021).

Namun demikian, Maharjana juga mengatakan tidak menutup kemungkinan nantinya akan terjadi perubahan data, hal ini dikarekan ada data pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti misalnya yang meninggal dunia namun tidak dilaporkan ke Capil sehingga data tersebut belum terupdate.

Oleh karena itu, Maharjana menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke Capil apa bila ada pemilih yang meninggal dunia sehingga nantinya bisa ditindaklanjuti.

“Ini kendala yang kita hadapi, karena masih banyak yang enggan untuk mengurus akte kematian, sementara kita himbau kepada masyarakat agar melaporkan ke Capil jika mengetahui ada seperti itu agar bisa ditindaklanjuti,” tandasnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan