Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKarangasemPimpin Apel HUT Sumpah Pemuda, Bupati Gede Dana Ajak Pemuda Semangat Membangun...

Pimpin Apel HUT Sumpah Pemuda, Bupati Gede Dana Ajak Pemuda Semangat Membangun Bangsa

KARANGASEM, balipuspanews.com – Untuk mengenang jasa para pemuda dan pahlawan yang telah berjuang mewujudkan satu bangsa satu tanah air dan menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia, Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, yang dipimpin langsung oleh Bupati Gede Dana selaku Inspektur Upacara.

Dengan tema “Bersatu Membangun Bangsa” upacara dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, Jumat (28/10/2022), berlangsung secara khidmat Upacara tersebut diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Karangasem, Seluruh Jajaran di Lingkungan Pemkab Karangasem, Organisasi Kepemudaan dan Unsur Pemuda Nusantara.

Dalam pidato Menteri Olah Raga dan Pemuda Republik Indonesia, Zainudin Amali yang dibacakan Bupati Karangasem menyampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita, bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

BACA :  Soal Calon Bupati, DPD Golkar Karangasem Tunggu Keputusan Induk Partai

Selain itu peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia,selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema kali ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Selain itu terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional.

Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” kata bupati.

Dalam akhir sambutan Bupati Gede Dana mengajak para pemuda untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini, sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa.

BACA :  Hanya untuk Bermain Judi Slot dan Narkoba, Pria 37 Tahun ini Nekat Mencuri

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular