Pintu Masuk Bali Melalui Pelabuhan Padangbai Diperketat Jelang Nataru dan Rencana PPKM Level III

Nampak petugas sedang melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Padangbai, Karangasem
Nampak petugas sedang melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Padangbai, Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Akses penyebrangan di Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem diperketet jelang perayaan Nataru serta rencana pemberlakukan PPKM level III pada 22 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Kapolsek Kawasan Laut Padang Bai, Kompol. I Made Suadnyana kepada awak media menerangkan, jelang perayaan Nataru dan pemberlakuan PPKM Level III, sesuai dengan instruksi pimpinan, pihaknya memperketat pemeriksaan baik orang, kendaraan, maupun barang yang masuk melalui Pelabuhan Padangbai.

“Sesuai dengan instruksi, kita lakukan pengetatan pemeriksaan baik itu barang, orang maupun kendaraan serta persyaratan pelaku perjalanan dalam negeri. Sejauh ini belum terpantau adanya lonjakan penumpang khususnya yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Padang Bai,” terang Suadnyana.

Baca Juga :  HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Seniman Recycle Gelar Apel di Bendungan Air

Sementara itu, dari pantauan situasi di Pelabuhan Padangbai, Selasa (30/11/2021), proses pemeriksaan orang dan kendaraan terlihat dilakukan secara terpisah. Untuk pemeriksaan penumpang pejalan kaki dilakukan di Pos III Padangbai.

Seluruh penumpang pejalan kaki yang baru turun dari Kapal langsung diarahkan melewati petugas pemeriksaan gabungan untuk diperiksa kelengkapan dokumen seperti sertifikat vaksin, hasil negatif Antigen atau PCR serta identitas kependudukan.

Sementara untuk kendaraan dan barang diarahkan langsung menuju Pos II Padangbai untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan, SIM serta penggeledahan barang dan muatan baik kendaraan truk maupun kendaraan pribadi dan mobil box. Proses pemeriksaan di Pos II ini juga melibatkan anjing pelacak dari unit K-9 Polda Bali.

Baca Juga :  Lama Tak Terdengar, Dermaga Cruise Kini Difungsikan Untuk Bongkar Muat Material Galian C

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan