Kapolsek Banjar Kompol Ida Bagus Dedi Januartha.
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com — Ratusan personel Polres Buleleng mengikuti puncak karya piodalan di Pura Wira Canthi Polres Buleleng, jatuh pada Wraspadi Umanis Ugu, Sasih Kapat, Kamis (13/9) sore. Puncak piodalan dipuput Ratu Peranda Mas Widya Putra.

Sebelum karya dimulai, tari khas spiritual rejang rentang ditarikan putra-putri personel Polres Buleleng mengiringi piodalan tersebut.

Tak ketinggalan, Kapolsek Banjar Kompol Ida Bagus Dedi Januartha juga ikut mempersembahkan Tari Baris, ditarikan tunggal.

Meski memiliki postur tubuh terbilang tambun, namun Kompol Dedi nampak piawai menarikan tari baris. Gerakan memutar dengan satu kaki terlihat energik, seakan memberikan efek dramatis dalam koreografi pementasan.

Pun dengan gerak khas lainnya, yakni seledet (gerak mata) penari yang senantiasa berubah-ubah. Gerak mata ini, bak menggambarkan sifat para prajurit yang senantiasa awas terhadap situasi di sekitarnya.

Tak cukup sampai disana, Kompol Dedi pun kembali menunjukkan aksi lainnya, dengan membawakan lawakan tradisional Bondres.

Penampilan bersama tiga rekan lainnya, dikemas sangat apik dan penuh dengan humor sehingga ratusan penonton tak kuasa menahan tawa saat mendengar lawakan mereka.

“Lawakan Bondres kan humanis, lewat kesenian itu (Bondres) kami berupaya untuk menghibur penonton, sambil menyelipkan program-program Polri, utamanya pesan-pesan kamtibmas seperti Preman dan Narkoba No Way, kegiatan IMF, pengamanan Pileg dan Pilpres, sesuai arahan pimpinan Kapolres Buleleng dan Kapolda Bali,” ungkap Kapolsek Dedi, Kamis (13/9) malam.

Disinggung kepiawaiannya menarikan Tari Baris, Kompol Dedi mengakui, jika bakat itu sudah digelutinya sejak kecil.

“Sejak kecil budaya menari telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan saya, utamanya Tari Baris. Kenapa demikian? Selain melestarikan budaya leluhur, gerak-gerak dalam tari baris itu kan menceritakan ketangguhan dari seorang prajurit. Makanya, cita-cita dari kecil pingin jadi polisi. Syukurnya, cita-cita itu tercapai,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar...