Jumat, Juni 14, 2024
BerandaKarangasemPipa Induk Tergerus Banjir, Seribu Pelanggan PDAM di Karangasem Menjerit

Pipa Induk Tergerus Banjir, Seribu Pelanggan PDAM di Karangasem Menjerit

KARANGASEM, balipuspanews.com – Banjir hebat yang berlangsung di Bumi Lahar bukan hanya menelan korban nyawa dan material, pelayanan air di Perumda Tirta Tohlangkir juga terkena himbas setelah pipa induk perusahaan plat merah itu ikut tergerus banjir. Pipa induk hanyut, Senin (17/10/2022).

Humas Perumda Tirta Tohlangkir, I Wayan Parsa dihubungi, Kamis (20/10/2022) menerangkan, saat ini untuk wilayah yang masih tersendat pasokan airnya yaitu di unit Karangasem, seperti wilayah Desa Bukit, Desa Seraya Tengah dan Desa Seraya Timur.

Penyebabnya, menurut Parsa karena pipa induk sepanjang 36 meter terdiri dari pipa 6 in 12 meter di sumber air Blagondang untuk suplai wilayah Bukit dan Pipa 8 in sepanjang 24 meter di mata air yeha Ababi menuju reservoar Gingin untuk suplai air wilayah Seraya Tengah dan Timur tergerus banjir.

“Pipa 8, dari kemarin sampai hari ini sudah dilakukan pengumpulan material yang sempat hanyut dan pengelasan, astungkare sore ini bisa selesai dan jika tidak ada halangan besok bisa dialirkan, sementara sepanjang belum bisa dioperasikan kita droping menggunakan air tangki bagi pelanggan yang kehabisan air,” ujarnya.

BACA :  Dua Maling Pasutri Spesialis di Minimarket, Hasil Kejahatan Dijual ke Surabaya

Dari tiga wilayah tersebut, setidaknya ada sekitar 1000 pelanggan yang terdampak akibat kerusakan tersebut. Sejauh ini, sejak kerusakan itu terjadi, sampai saat ini atau sudah 3 hari pelanggan tersebut pasca kerusakan mengalami gangguan suplai air bersih.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular