Selasa, Juli 16, 2024
BerandaKlungkungPj Bupati Jendrika Hadiri Pembahasan Rancangan Peraturan Kawasan Bebas Asap Rokok Pada...

Pj Bupati Jendrika Hadiri Pembahasan Rancangan Peraturan Kawasan Bebas Asap Rokok Pada Transportasi Umum

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika menghadiri Rapat terkait Pembahasan Draf Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Kawasan Bebas Asap Rokok pada Sarana dan Prasarana Transportasi Umum di Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Rabu (29/5/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI).

Dalam pemaparannya tersebut Pj Bupati Jendrika menyampaikan kiat-kiat penerapan Perda KTR di Kabupaten Klungkung. Ditambahkan, sejak tahun 2014 Klungkung telah memiliki Perda rokok, namun mulai efektif pada Tahun 2016.

Diantaranya Perda KTR No. 1 Tahun 2014 Pengaturan Tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Peraturan Bupati No. 5 Tahun 2016 tentang pengaturan larangan reklame iklan rokok di Kabupaten Klungkung.

“Pelarangan iklan rokok bahkan diterapkan dengan ketat hingga ke dalam ruangan. Dimana toko toko modern dilarang menampilkan produk rokoknya,” ujarnya.

Pj Bupati Jendrika juga menjelaskan bahwa Kabupaten Klungkung sangat komitmen dan sudah mensosialisasikan kawasan tanpa rokok di Klungkung yakni, Implementasi KTR di sekolah-sekolah, Eliminasi iklan rokok luar gedung, pelarangan iklan rokok, promosi dan sponsor rokok serta mendorong pembuatan hukum adat (perarem) KTR Desa Adat, Gebrak partisipasi masyarakat Klungkung dari berbagi lapisan dalam kampanye bahaya rokok.

BACA :  Kurang 9.928 Dukungan, Kari Subali - Ismaya Optimis Lolos Jalur Independen

“Klungkung sangat berkomitmen bergerak bersama, mencegah agar merokok tidak menjadi kebiasaan buruk sehingga bisa mengantisipasi perilaku merokok pada generasi muda sehingga terciptanya lingkungan bersih tanpa asap rokok,” harapnya.

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, I Gusti Gede Gunarta.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular