Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengPJ Bupati Lihadnyana Tepati Janji Pencairan THR 100 Persen, ASN di Buleleng...

PJ Bupati Lihadnyana Tepati Janji Pencairan THR 100 Persen, ASN di Buleleng Full Senyum

BULELENG, balipuspanews.com– Janji pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) 100 persen telah ditepati Penjabat (PJ) Bupati Buleleng per Rabu (3/4/2024). Selain THR gaji pokok ASN Pemkab Buleleng pun sudah masuk ke rekening masing-masing.

Sebelumnya saat Upacara Peringatan HUT ke 420 Kota Singaraja di Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Sabtu (30/3/2024), Lihadnyana menyampaikan bahwa ASN di lingkup Pemkab Buleleng akan menerima THR 100 persen.

Hal tersebut merupakan kebijakan yang dipilih untuk memberikan penghargaan bagi para ASN sekaligus diharapkan akan membantu perputaran ekonomi Kabupaten Buleleng semakin menggeliat.

Lihadnyana menjelaskan bahwa sejatinya Pemerintah Pusat tidak mewajibkan pemerintah daerah untuk memberikan THR dengan persentase 100 persen. Namun untuk pembayaran THR pada komponen Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dikembalikan kepada kebijakan kepala daerah dengan mempertimbangkan kemampuan fiskal daerah.

Untuk diketahui, jumlah THR yang diterima ASN Daerah adalah gabungan dari komponen Gaji Pokok dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Dimana TPP bersumber dari APBD sehingga jumlah penerimaan di setiap daerah berbeda-beda.

BACA :  Pj Gubernur Turut Panen Cabai di Lahan Nganggur Milik Pemkab Buleleng

Demikian, tidak semua ASN daerah akan menerima THR dengan jumlah penuh atau 100 persen. PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyatakan bahwa Tahun 2024, untuk ASN Kabupaten Buleleng akan dibayarkan penuh atau 100 persen.

“Ketentuannya dapat memberikan THR 100 persen, tapi disesuaikan kemampuan daerah. Mungkin tidak semua bisa memberikan, tapi untuk Kabupaten Buleleng 100 persen,” tegasnya.

Masing-masing ASN menerima jumlah THR sesuai dengan gaji pokok dan TPP yang diterimanya. Untuk Gaji Pokok ASN, saat ini diberikan mengacu pada PP Nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan Kesembilan Belas atas Peraturan pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Sedangkan besaran TPP diberikan sesuai kebijakan daerah dan perhitungan performa kinerja setiap bulannya.

Saat menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) terkait TPP, Lihadnyana telah menginstruksikan SKP terkait untuk bisa melakukan pencairan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Tempo lalu saya instruksikan, mana yang sudah siap itu yang dicairkan! Hari ini semua sudah menerima. Baik gaji pokok lengkap dengan THR 100 persen sudah masuk sudah cair,” kata Lihadnyana.

BACA :  Desa Penyaringan Dinilai Lomba Keamanan Lingkungan se-Bali

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular