Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBulelengPKK Buleleng Gencar Sosialisasikan Program "Aku Hatinya PKK"

PKK Buleleng Gencar Sosialisasikan Program “Aku Hatinya PKK”

BULELENG, balipuspanews.com – Penjabat (Pj) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Ny. Paramita Lihadnyana terus secara aktif melakukan kunjungan ke sejumlah desa untuk mensosialisasikan “Aku Hatinya PKK”.

Seperti yang dilakukan Rabu (11/10/2023), dirinya berkesempatan mengunjungi TP PKK di Desa Cempaga, Kecamatan Banjar dan Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

Paramita menjelaskan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan menambah wawasan masyarakat tentang manfaat dari pemanfaatan pekarangan rumah. Pekarangan rumah bisa dimaksimalkan fungsinya untuk menanam tumbuhan yang kemudian bisa dijadikan sumber pangan lokal. Hasilnya, kemudian bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pangan lokal dan gizi keluarga.

“Bahkan bisa juga bernilai ekonomis dan meningkatkan pendapatan keluarga,” paparnya.

Dengan memanfaatkan pekarangan sekitar rumah secara maksimal, diharapkan terwujud percepatan penganekaragaman konsumsi pangan lokal. Sehingga tercipta keluarga sehat serta generasi berkualitas dan tangguh.

Terlebih lagi, program ini masih sejalan dengan instruksi presiden untuk menangani stunting. Yang salah satu jalannya adalah memberikan gizi yang baik bagi keluarga utamanya ibu hamil dan anak.

BACA :  Bungkam Filipina 2-0, Garuda Muda Torehkan Sejarah Baru

Dalam kegiatan itu, Paramita Lihadnyana berkesempatan menyerahkan bantuan tanaman pangan kepada 5 rumah contoh di masing-masing desa. Sekaligus juga melakukan penanaman simbolis tumbuhan pangan tersebut di pekarangan rumah contoh. Kemudian, rumah contoh ini diharapkan memberi contoh atau imbas kepada sekitarnya.

“agar lebih dan semakin banyak yang memanfaatkan pekarangan rumah tangganya,” harapnya.

Program “AKU HATINYA PKK” merupakan program unggulan dari PKK yang diharapkan berjalan baik oleh Ketua PKK Provinsi Bali. Dimana, berfokus kepada pemanfaatan lahan pekarangan di masing-masing rumah tangga. Menjadikan halaman pekarangan menjadi hijau royo-royo.

Dengan menanami halaman pekarangan dengan sayuran maupun buah-buahan. Sejatinya, selama ini “AKU HATINYA PKK” sudah berjalan, namun masih perlu dimaksimalkan. Dirinya juga menyampaikan harapan agar pemerintah desa bisa mendukung program ini dengan penggunaan dana desa.

“Dimana 20 persen dana desa dimanfaatkan untuk ketahanan pangan. Dan bisa berkontribusi kepada penurunan angka stunting, dengan harapan pemenuhan gizi keluarga tercukupi di samping menekan inflasi, yang pada saat ini merupakan isu strategis nasional,” imbuhnya.

BACA :  Pihak Keluarga Yakin Tulang Manusia di Desa Gegelang Adalah Jasad Kakek Widia

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular