Kamis, Juni 20, 2024
BerandaNewsEdukasiPKM FTP Unud Siap Terjun Implementasikan Proposal, Bantu Petani Manukaya

PKM FTP Unud Siap Terjun Implementasikan Proposal, Bantu Petani Manukaya

DENPASAR, balipuspanews.com
Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana menggelar pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Angkatan termuda di FTP.

Legiatan melalui Bakti Ilmiah Sosial Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) atau sering disingkat sebagai Bisma FTP merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa di Fakultas Teknologi Pertanian Udayana.

Sebelum kegiatan berlangsung diawali dengan Sosialisasi Bisma yang membahas terkait pemberitahuan informasi seputaran kegiatan Bisma seperti desa yang menjadi lokasi kegiatan, topik ide proposal dan pembagian kelompok sesuai potensi desa serta rangkaian kegiatan Bisma FTP 2023.

Kegiatan Pra Bisma telah dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023 di Auditorium Widya Sabha Mandala, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Kegiatan Pra Bisma FTP 2023 berfokus pada pemberian nilai atau penjurian terhadap buah hasil pemikiran mahasiswa yang dikemas dalam bentuk proposal pengabdian terkait dengan potensi serta masalah yang terdapat di desa pelaksanaan kegiatan, yaitu Desa Manukaya. Proposal pengabdian ini kemudian dipresentasikan dalam kegiatan Pra Bisma FTP 2023.

BACA :  Sekda Adi Arnawa Buka Kejuaraan Catur Terbuka dan Pelajar 2024 di SD No 1 Gulingan

Pada Kegiatan Pra-Bisma yang dilaksanakan dipilih satu kelompok terbaik yang diambil dari setiap topik, yaitu pada topik pangan kelompok terbaik yaitu Kelompok 2 dengan ide Manukaya’s Cardice (Cardamom Ice).

Sebagai Produk Inovasi Guna Mengembangkan Potensi Hasil Pertanian Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, untuk topik non-pangan kelompok terbaik yaitu kelompok 10 dengan ide Pemanfaatan Jeruk menjadi Lilin Aromatherapy sedangkan untuk topik Sampah Organik kelompok terbaik yaitu Kelompok 12 dengan topik Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Sebagai Problem Solve Limbah Organik.

Dewan juri pada kegiatan Pra-Bisma ini yaitu Dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang terdiri dari A.A. Istri Sri Wiadnyani, S.TP., M.Sc., Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, S.TP., M.Sc., dan I Putu Gede Budisanjaya, S.TP., MT.

I Made Bagus Wisesa Yogiswara selaku ketua Panitia Kegiatan melaporkan, kelompok terbaik dari masing-masing topik akan memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar untuk membuat produk yang telah dirancang sesuai proposal pengabdian yang diajukan tersebut.

Ia juga berharap semoga dari inovasi dan ide yang dirancang dapat memberikan masukan dan solusi bagi masyarakat Desa Manukaya guna mengembangkan potensi yang ada pada Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

BACA :  Sambut Idul Adha, Warga Kampung Kusamba Gelar Tradisi Mepatung

Sumber: www.unud.ac.id-ftp-PKM FTP Unud Siap Terjun Implementasikan Proposal, Bantu Petani Manukaya

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular