PKM Internasional, FS Unwar Gandeng Central Mindanao University Philippines 

PKM FS Unwar di Desa Penglipuran, Bangli
PKM FS Unwar di Desa Penglipuran, Bangli

BANGLI, balipuspanews.com – Fakultas Sastra Universitas Warmadewa (FS Unwar) bekerja sama dengan Central Mindanao University Philippines menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional di Desa Wisata Penglipuran, Bangli, Minggu (26/6/2022).

PKM yang mengusung tema “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris dan Kecintaan terhadap Budaya Lokal oleh Generasi Muda di Desa Wisata Penglipuran Bangli” ini melibatkan guide muda atau guide lokal di Desa Wisata Penglipuran.

Tampil sebagai narasumber dalam PKM Internasional ini yaitu Dr. Alma Cita Calembo Central Mindanao dari University Philippines dengan materi Language and Culture, Prof. Dr. Drs Wayan Wesna Astara, SH., M.H., M.Hum, dengan materi Aspek Hukum dan Budaya dalam Mengelola Nilai Kearifan Lokal di Desa Adat Penglipuran.

Baca Juga :  Mahasiswa Arizona University Belajar Bahasa Indonesia di UNR

Selain itu terlibat juga Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum., Dr. I Wayan Budiarta, S.S., M.Hum., dan Anak Agung Istri Manik Warmadewi, S.S., M.Hum, dengan materi English Function for Local Guide dan Dr. Drs. I Made Mardika, M.Si, dengan materi Peran Generasi Muda dalam Pelestarian Kearifan Budaya Desa Wisata Penglipuran.

Kepala Pengelola Desa Wisata Penglipuran, I Wayan Sumiarsa, mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terima kasih kepada FS Unwar karena telah memilih Desa Wisata Penglipuran sebagai salah satu lokasi pengabdian untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di desa ini.

Disamping itu, tema pengabdian yang diambil kali ini dikatakan sangat relevan dengan manajemen yang ada di Desa Penglipuran yaitu akan meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

Baca Juga :  Tulus 'Getarkan' Pantai Pandawa

Dengan adanya pelatihan peningkatan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris ini akan sangat membantu untuk membawa Desa Wisata Penglipuran ke arah pelayanan yang lebih profesional.

Sementara Dekan FS Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum, menyampaikan, PKM sebagai salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang menjadi tanggung jawab pihaknya di perguruan tinggi.

Ia mengatakan, walaupun pihaknya tidak memiliki materi namun memiliki hal-hal yang berhubungan dengan knowledge dan pengalaman yang bisa di share kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini pihaknya membawa tim dan mengundang mereka sebagai narasumber dengan harapan dapat memberikan manfaat terutama kepada generasi-generasi muda di Desa Wisata Penglipuran.

Kepala LPM Unwar, Prof. Dr. Drs Wayan Wesna Astara, SH., M.H., M.Hum, berharap agar nilai-nilai budaya yang sudah dimiliki Desa Wisata Penglipuran tetap dijaga oleh generasi-generasi muda. Memberikan pelayanan yang baik dapat meningkatkan daya tarik wisatawan.

Baca Juga :  Mahasiswa Arizona University Belajar Bahasa Indonesia di UNR

“Dengan adanya narasumber dalam pengabdian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kendala atau berbagi ilmu untuk dapat meningkatkan pelayanan guide yang ada di Desa Wisata Penglipuran,” pungkasnya.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan