PKM Unud, Tingkatkan Pengelolaan Kredit Keuangan LPD Tembuku, Bangli

Penyuluhan LPD di Desa Tembuku, Bangli oleh FEB Unud
Penyuluhan LPD di Desa Tembuku, Bangli oleh FEB Unud

BANGLI, balipuspanews.com – Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (FEB Unud) dengan membatu Lembaga Perkreditan Desa (LPD).

Seperti diketahui lembagai ini merupakan lembaga perkreditan yang dikelola oleh desa adat dalam upaya menunjang perkreditan di desa yang bermuara pada terjaganya adat dan istiadat di desa sebagai penyokong upacara agama.

PKM melalui Penyuluhan dan Pendampingan Pengelolaan Kredit Keuangan yang dilaksanakan secara tatap muka di Kantor LPD Desa Adat Karang Suwung Kaja, Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, pada Sabtu (04/06) lalu.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk
meningkatkan pengetahuan dan wawasan akan Lembaga Perkreditan Desa (LPD), serta meningkatkan sistem keuangan dan perkreditan LPD.

Baca Juga :  Tulus 'Getarkan' Pantai Pandawa

Dekan FEB Unud, Agoes Ganesha Rahyuda, S.E., M.T., Ph.D., menyatakan, PKM ini merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mengetahui permasalahan ekonomi di masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar Desa Adat Karang Suwung Kaja.

Pihaknya juga mengharapkan jika kegiatan PKM ini mampu menjadi salah satu solusi pengelolaan keuangan pasca pandemi Covid-19 yang melanda.

Penyuluhan dan pendampingan ini dipandu oleh Dosen FEB Unud, I Nyoman Nurcaya, S.E., M.M., dan mendatangkan dua orang Narasumber, diantaranya I Wayan Sudarya, SP. (Direktur Utama BPR Saraswati Eka Bumi) dan Dr. I Made Surya Negara Sudirman, S.E., M.M., Ak. (Dosen FEB Unud).

Selain diikuti oleh Dosen FEB Unud sendiri, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bendesa Adat Karang Suwung Kaja, Kelihan Adat Karang Suwung Kaja, dan Pengelola LPD Desa Adat Karang Suwung Kaja, serta beberapa masyarakat Desa Adat Karang Suwung Kaja.

Baca Juga :  Mahasiswa Arizona University Belajar Bahasa Indonesia di UNR

Bendesa Adat Karang Suwung Kaja menyampaikan rasa terima kasihnya karena FEB Unud memilih Desa Karang Suwung Kaja menjadi tempat untuk melaksanakan pengimplemetasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pihaknya berharap apa yang dibagi oleh FEB Unud mampu dipahami dan dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh Pengelola LPD dan masyarakat Desa Adat Karang Suwung Kaja guna memperbaiki pengelolaan kredit keuangan.

Sumber: www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan