Selasa, Februari 27, 2024
BerandaNewsEdukasiPKM Unwar Edukasi E-Commerce, Tingkatkan Penjualan Kerajinan Gerabah di Desa Pejaten, Tabanan

PKM Unwar Edukasi E-Commerce, Tingkatkan Penjualan Kerajinan Gerabah di Desa Pejaten, Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Derasnya arus digitalisasi mempengaruhi segala lini, baik di sektor jasa, perdagangan, jual beli, maupun sistem transaksi. Dalam sistem perdagangan misalnya, untuk meningkatkan penjualan perlu mengikuti perkembangan dan pemanfaatan berbasis digital yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi UMKM.

Hal serupa juga diterapkan Program Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Warmadewa (PKM Unwar) tahun 2023 di Banjar Pangkung Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, berupaya meningkatan pemasaran produk kerajinan celengan gerabah di Banjar Pangkung, Desa Pejaten.

Pengabdian didampingi 3 Dosen yakni, Dr. AA. Media Martadinani SE., MM, Dr. Drs. I Ketut Darma, M.Si , IB Komang Suarka, SE., MM. Kegiatan PKM mengambil tema “Pemanfaatan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kerajinan Celengan Gerabah Di Banjar Pangkung Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan”.

Tema yang diangkat sangat relevan dengan kenyataan yang dihadapi UMKM di lapangan, mengingat adanya sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin celengan gerabah Bapak Made Mertha saat ini adalah kendala dalam pemasaran karena mengalami penurunan penjualan. Permasalahan lain yang dihadapi mitra adalah sulit mengembangkan usaha.

BACA :  Bupati Sanjaya Buka Festival Ogoh-ogoh Singasana 2024, Usung Pelestarian Adat, Seni, dan Budaya Tabanan

“Karena terbatasnya sumber modal, kurangnya promosi, belum melakukan pencatatan pembukuan terkait dengan biaya-biaya yang telah dikeluarkan dan dalam menjalankan usahanya mitra menjalankan usahanya,” kata AA Martadiani.

Lebih lanjut Martadiani mengatakan, pengrajin gerabah di desa Pejaten memiliki keahlian yang baik dalam menciptakan karya seni gerabah. Namun, mereka juga dihadapkan pada tantangan dalam hal melestarikan keunikan dan menciptakan desain baru.

Oleh karena itu, kelompok dosen dari Universitas Warmadewa mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan yang relevan dan berguna bagi pengrajin berupa alat pencetak gerabah sehingga mempercepat proses produksi.

Secara umum, gerabah celengan hasil produksi pengrajin, baik dari segi bentuk, ukuran dan warna sudah cukup bagus. Namun, sangat penting sektor UMKM diharapkan mampu menjadi sumber kekuatan baru perekonomian nasional dalam menghadapi krisis.

Untuk bisa menjadi kekuatan baru di bidang ekonomi, pihaknya berharap pemerintah hendaknya memperhatikan SDM dan Manajemennya. Inovasi dari rata-rata UMKM selama ini dirasa masih minim sehingga bisnis UKM kerap jalan ditempat.

Belum lagi persoalan financial atau modal usaha yang kerap menghambat pelaku UKM untuk meningkatkan produktivitasnya.

BACA :  Dukung Kreativitas Anak, Bupati Sanjaya Buka Pawai Ogoh-Ogoh Mini Festival Ogoh-Ogoh Singasana Tahun 2024

“Oleh karenanya, kami dari tim PKM Unwar berbagi pengetahuan mengenai manajemen keuangan yang baik, termasuk perencanaan anggaran, pengendalian biaya, dan analisis keuangan sederhana.

Dengan sistem pencatatan keuangan yang lebih efisien, pengrajin diharapkan dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam mengembangkan usaha,” imbuh Dr. Ketut Dharma.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi yang disampaikan nara sumber IB Komang Suarka, bahwa penting untuk melakukan promosi hasil produksi gerabah ini, agar dikenal secara lebih luas oleh masyarakat.

“Saat ini yang merupakan era digital, maka promosi hasil-hasil produksi melalui media masa digital sangat baik dilakukan, termasuk mempromosikan produk gerabah,” katanya.

Sebagai Ketua Kelompok, Martadiani mengungkapkan kegembiraannya melihat semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh pengrajin dalam menerima pengetahuan baru.

Ia berharap bahwa bantuan yang diberikan oleh kelompok dosen Universitas Warmadewa dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi pengrajin gerabah di Desa Pejaten.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara universitas dan masyarakat dapat menciptakan perubahan yang signifikan.

BACA :  Pemerintah Kabupaten Tabanan Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan Tahun 2024

.Universitas Warmadewa terus berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya memajukan kehidupan masyarakat sekitar melalui kegiatan pengabdian yang relevan dan berkelanjutan.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular