Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaDenpasarPMHD Unwar Gelar Orientasi Dharma Sraya 2024

PMHD Unwar Gelar Orientasi Dharma Sraya 2024

DENPASAR, balipuspanews.com– Pasemetonan Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar acara pembekalan bagi pengurus baru, Sabtu (24/2/2024) lalu dengan mengusung tema tema “Nandurin Karang Awak” yang bermakna menggali potensi diri menuju pengurus PMHD yang kompeten dan unggul.

Pembina PMHD Unwar, Dr. Anak Agung Gede Krisna Paramita, S.Pd.,M.Pd mengatakan pentingnya proses kaderisasi dibarengi dengan mengutamakan transfer informasi, pengetahuan dan keterampilan antara pengurus lama dengan yang baru. Sehingga jika ketiga hal tersebut bisa diterapkan akan bisa menjamin lancarnya perjalanan roda organisasi.

Kemudian terkait tema nandurin karang awak pada orientasi dharma sraya kali ini, Ia menilai sederhana namun memiliki filosofi yang mendalam untuk membangkitkan potensi diri pengurus baru PMHD sekaligus mengembangkannya dalam setiap kegiatan organisasi.

“Setiap individu pengurus memiliki kekuatan yang saling melengkapi, ini harus diramu dalam kerjasama tim yang solid,” harapnya.

Sementara itu, Pendiri PMHD Unwar, I Made Dwija Suastana,S.H.,M.H., pada kesempatan tersebut mengajak pengurus baru mereview kembali nilai-nilai historis serta filosofis sebagai pondasi dasar sekaligus penguatan terhadap jati diri PMHD sebagai organisasi yang berlandaskan kearifan lokal dalam tindakan.

BACA :  Diserang DB, Anak 6 Tahun di Klungkung Meninggal

“Saya rasa Tri Hita Karana menjadi aspek penting menjalankan organisasi PMHD kedepannya. Spirit sapta bayu yang menjadi jiwa semangat civitas akademika Universitas Warmadewa, pada kesempatan awal menjadi anggota baru PMHD, diterjemahkan dalam kawah candradimuka Diklat Sapta Bayu PMHD, sebagai organisasi kader, PMHD wajib melakukan penguatan-penguatan lanjutan, salah satunya dengan pembekalan ini,” ungkap Dwija.

Melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap dharma sraya yang bermakna berteman dengan dharma atau kebenaran, selalu berpegang teguh pada dharma, hendaknya diterjemahkan secara praktis agar organisasi PMHD senantiasa berpegang teguh pada aturan main, diantaranya AD/ART organisasi, peraturan tentang organisasi kemahasiswaan tingkat universitas yang turunannya dapat berupa aturan-aturan tentang ormawa internal universitas Warmadewa.

“Yang paling penting PMHD harus taat asas berorganisasi, mampu bertanggungjawab sebagai wujud integritas dan jati diri PMHD dalam upaya mendukung Tri Dharma serta visi dan misi Universitas Warmadewa,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PMHD Unwar masa bakti 2024-2025, I Made Agus Pradnya Diwangga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran para narasumber praktisi tentang PMHD. Pihaknya merasa mendapatkan cakrawala dan energi baru dalam menahkodai PMHD untuk setahun ke depan.

BACA :  Menko PMK Minta Pemda Tancap Gas Kerja Keras Percepat Pengukuran dan Intervensi Pencegahan Stunting

“Kami berharap apa yang telah disusun dapat tersingkronisasi dengan kalender akademik sehingga semua bisa berjalan lancar untuk ke depannya. Adanya sinergi antar pengurus, alumni, dan dukungan dari pembina menjadi modal penting kami ke depannya,” pungkas dia.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular