PMK Masuk Karangasem, Ketua DPRD Karangasem Minta Dinas Terkait Cegah Penyebaran

Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Wayan Suastika
Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Wayan Suastika

KARANGASEM, balipuspanews.com – Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Wayan Suastika minta Dinas terkait segera ambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di Karangasem.

“Dinas terkait harus mulai mengambil langkah yang jelas untuk pencegahan penyebaran PMK agar tidak semakin luas,” jelas Suastika kepada media ini, Minggu (3/7/2022).

Dengan ditemukannya kasus PMK yang menyerang ternak Sapi di Kabupaten Karangasem, tentunya diperlukan penanganan yang khusus, mulai dari hewan yang terjangkit hingga penelusuran darimana penyebaran penyakit tersebut sehingga bisa dilakukan upaya-upaya antisipasi.

“Misalnya antisipasi dengan penyemprotan disinfektan di pasar hewan dan dikandang ternak, jika ada ditemukan kasus khususnya di Pasar Hewan agar dilakukan look down selama beberapa hari untuk memutus penularan penyakit tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kirab Merah Putih MBPS, Wagub: Dulu Melawan Penjajah, Kini Kemiskinan

Di samping itu, Suastika juga berharap agar dilakukan pendekatan persuasif dan pemahaman khususnya kepada peternak yang sapi-sapinya terserang PMK serta pemerintah juga hadir minimal memberikan bantuan semacam kompensasi atau ganti untung kepada peternak yang sapi nya mati atau yang harus dieliminasi.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan