Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKarangasemPohon Beringin Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura Dalem Desa Adat Sega

Pohon Beringin Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura Dalem Desa Adat Sega

KARANGASEM, balipuspanews.com – Pohon Beringin berusia lebih dari 100 tahun tumbang dan menimpa sejumlah bangunan pelinggih di areal Pura Dalem Desa Adat Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, pada Jumat (27/5/2022).

Kepala Wilayah Banjar Dinas Sega, I Nyoman Kariana saat dihubungi membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan, pohon beringin yang selama ini dikeramatkan oleh warga itu tumbang sekitar pukul 08.05 WITA.

Menurut kesaksian sejumlah warga, sebelum kejadian, angin di wilayah tersebut berhembus cukup kencang. Diduga karena kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk sehingga pohon tiba-tiba tumbang dan menimpa bangunan Pura Dalem yang ada dibawahnya.

“Beberapa bangunan pelinggih, serta bagian tembok penyengker dan Candi pura rusak terkena robohan kayu, tadi dilaksanakan upacara mepiuning, besok rencananya baru mulai dibersihkan oleh warga dan BPBD,” ujar Kariana.

Adapun beberapa bangunan pelinggih yang mengalami kerusakan yaitu satu bangunan padmasana, satu bangunan Gedong Dalem, bangunan Apit lawang, bangunan sanggah pengayatan, dan bagian Candi penyengker mengalami kerusakan ringan.

BACA :  Komite III DPD RI: 7 Isu di Sektor Pariwisata Tantangan yang Harus Mampu Ditangani

Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun akibat robohnya pohon keramat tersebut, pihak Desa Adat pengempon Pura Dalem diduga mengalami kerugian hingga Rp 400 juta rupiah.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular