Pohon kepah raksasa roboh menimpa Pura Sakti Togoh, Bumbungan
Pohon kepah raksasa roboh menimpa Pura Sakti Togoh, Bumbungan
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bencana bisa datang secara tiba tiba,tanpa bisa diprediksi manusia. Hal itu terjadi menimpa Pohon jenis kepah raksasa berusia ratusan tahun, tumbang di Pura Sakti Togoh, Desa Bungbungan, Banjarangkan, Klungkung, Rabu (16/10).

Pohon yang sangat disakralkan masyarakat setempat tersebut, tumbang menimpa tembok pura dan bangunan pewaregan Pura tersebut.

Ditemui Pemangku Pura Sakti Togoh, Jero Mangku Togoh menyatakan, bahwa musibah robohnya pohon keramat berusia ratusan tahun  yang terjadi tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 Wita. Saat kejadian pura dalam keadaan sepi. Tanpa diduga secara mendadak, tiba-tiba terdengar suara gemuruh menyertai robohnya pohon sakral tersebut.

“Saya sedang dirumah, dan dengar suara gemuruh. Arah suaranya dari pura,” ujar Jro Mangku Togoh.

Suara gemuruh tersebut, ternyata suara itu berasal dari pohon kepuh beurukuran raksasa tersebut, tumbang hingga merusak bangunan tembok dan bangunan pewaregan pura. Pohon itu tumbuh menjulang di utara pura dan disakralkan masyarakat pengempon Pura tersebut.

Tim BPBD Klungkung lalu mengevakuasi tumbangan pohon tersebut dengan mesin sensor. Tim BPBD yang turun berjumlah 5 orang. Bersama warga sekitar lalu bergotong royong membersihkan tumbangan pohon.

Menurut Kepala BPBD Klungkung Putu Widiada menyatakan tim TRC diturunkan segera kelokasi bencana rogohnya pohon keramat yang menimpa Pura Sakti Togoh tersebut.

“Kita secepatnya menurunkan Tim TRC kelokasi agar kerusakan pura bisa diminimalisir,” sebutnya.

Sementara Jro Mangku Togoh menyebutkan Piodalan di Pura ini tanggal 23 Oktober nanti. Setelah piodalan baru akan diadakan rapat untuk pembenahan kondisi Puwaregan yang rusak parah dilakukan.

“Saya bersyukur tidak ada korban  jiwa dalam musibah ini. Pohon tersebut diperkirakan roboh karena sudah lapuk dan sudah terlalu tua umurnya,” sebut Jro Mangku Togoh prihatin. (Roni/bpn/tim)