Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengPohon Tumbang di Sawan Timpa Pura dan Rumah Warga

Pohon Tumbang di Sawan Timpa Pura dan Rumah Warga

BULELENG, balipuspanews.com – Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (11/2/2024) petang mengakibatkan dua pohon di Banjar Dinas Kanginan, Desa/Kecamatan Sawan, Buleleng tumbang pada pukul 18.00 WITA dan menimpa pura serta rumah warga.

Pohon jenis Tulang dan Sentul berdiameter 70 centimeter tersebut tumbang menimpa tembok penyengker (pagar) dan kanopi palinggih di Pura Alit Manik Sari. Tidak hanya pura pohon juga menimpa angkul-angkul dan pagar rumah warga yang berada berdekatan dengan pura.

Beruntung dalam peristiwa yang terjadi karena pohon sudah dalam lapuk tersebut tidak memakan korban jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menanggulangi bencana yang ada, akan tetapi mengingat hari sudah semakin gelap maka pembersihan material dilanjutkan pada Senin (12/2/2024) dibantu warga.

“Karena kondisi tidak memungkinkan jadi baru pagi tadi (Senin) dilakukan penanganan mulai pukul 10.30 sampai 13.23 WITA, tidak ada korban jiwa hanya saja ada beberapa kerusakan karena peristiwa ini,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Buleleng, I Putu Ariadi Pribadi Senin (12/2/2024).

BACA :  Gong Kebyar Wanita Sanggar Wredi Kumara Jaya Wakili Kabupaten Badung di Ajang PKB XLVI

Kini akibat peristiwa tersebut sesuai hasil assessment yang dilakukan di lapangan kerugian diperkirakan mencapai Rp 38 jutaan. Sedangkan pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa untuk tetap waspada, sebab bencana alam bisa kapan saja terjadi dan setidaknya ketika bisa lebih waspada maka tentu akan berimbas terhadap keselamatan masyarakat.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular