Polwan Polres Tabanan Tanam Pohon Dukung Program Penghijauan

Polwan Polres Tabanan saat gelar penanaman pohon di Desa Tua, Marga, Tabanan
Polwan Polres Tabanan saat gelar penanaman pohon di Desa Tua, Marga, Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Menyambut hari jadi Polwan ke-72 yang mengambil tema “Polwan siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif” maka atas seijin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S. Siregar, S.I.K. M.H., Polwan Polres Tabanan terus bergerak melaksanakan serangkaian kegiatan yang langsung menyentuh kepada masyarakat hingga di pelosok Desa.

Dipimpin Kabag Sumda Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi Prakasa, SIP, MM (selaku koordinator Polwan Polres Tabanan), pada Kamis (13/8), bertempat di tanah laba Pura yang juga Objek Wisata Kayu Putih, di Banjar Bayan Desa Tua, Marga, Tabanan, Polwan Polres Tabanan bergerak melanjutkan serangkaian kegiatan bhakti sosial.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa penyerahan bantuan bibit pohon durian kepada masyarakat setempat yang diterima langsung oleh Perbekel Desa Tua disaksikan perwakilan warga masyarakat desa setempat.

Dalam acara tersebut Polwan Polres Tabanan bersinergi dengan masyarakat Desa Tua melakukan penghijauan, menanam puluhan pohon yang memiliki nilai ekonomi. Diantaranya pohon durian, pohon manggis, alpukat dan pepaya,

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Marga AKP I Wayan Suadi, S.H., Waka Polsek Marga, Kanit Intel Polsek Marga, Perbekel Desa Tua Wayan Budiarta Putra, Kepala Wilayah (kelihan dusun) Banjar Dinas Bayan dan perwakilan warga masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Kabag Sumda Polres Tabanan, mewakili Kapolres menyampaikan puji syukur atas karunianya dapat melaksanakan rangkaian kegiatan menyambut hari jadi Polwan yang ke 72 tahun 2020.

“Terima kasih kepada Kepada Desa Tua dan juga kepada warga masyarakat Desa Tua yang telah memfasilitasi kegiatan Polwan Polres Tabanan sehingga dapat terlaksana giat penghijauan (menanam bibit pohon). Kegiatan ini terlaksana dalam rangka Peringatan HUT Polwan ke 72, juga sekaligus mendukung instruksi dan program Kapolri tentang penghijauan (penanaman pohon),” jelasnya.

Menurutnya kegiatan ini telah direncanakan dan tentunya sejalan dengan tema HUT Polwan tahun ini yaitu “Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Dijelaskannya, pohon yang ditanam di samping fungsinya untuk penghijauan, juga memiliki nilai ekonomis.

“Saya titip agar pohon ini dijaga, dirawat hingga pada saatnya berbuah dapat dinikmati dan dikonsumsi oleh warga setempat,” tegas Kabag Sumda

Ia kemudian mengingatkan dan menghimbau agar kepala desa tetap mengintruksikan kepada masyarakatnya untuk tetap mengikuti protokol kesehatan (jaga jarak, gunakan masker, jaga kesehatan, dengan selalu meningkatkan imun tubuh).

Kepala Desa Tua Wayan Budiarta Putra mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tabanan, khususnya kepada para Polwan Polres Tabanan. Juga mengucapkan selamat HUT Polwan yang ke-72 serta berharap semoga Polres Tabanan khususnya diberikan kemudahan dalam menjalan tugas.

“Kegiatan semacam ini tentu sangat kami dukung, semoga kegiatan semacam ini dapat menggugah komunitas pencinta lingkungan yang lain termasuk masyarakat desa Tua untuk dicontoh, bahwa betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, yang tentu juga upaya meningkatkan ketangguhan pangan,” terangnya.

Penulis : Arthadana

Editor : Oka Suryawan