Ilustrasi pompa air (Ist)
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura,balipuspanews.com- Pelayanan terhadap pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, bakal terganggu sehubungan adanya gangguan pada mesin pompa air di Penida. Karenanya, pihak Humas PDAM Klungkung mengharapkan warga pelanggan mampu memaklumi kondisi tersebut.

Dirut PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa, Jumat menyebutkan, dari hasil audit pompa pada 6 dan 7 Pebruari 2018 oleh tim teknik PDAM Klungkung di sumber mata air Penida, ditemukan masalah pada pompa I, SP77-21, 110 kw yang terpasang sejak tahun 2008.

Debit air pada pompa tersebut mengalami penurunan. Antara kapasitas dan konsumsi dayanya tidak linear, sehingga akhir-akhir ini terjadi kekurangan atau defisit air. Aliran air tidak mampu melayani secara optimal pada daerah terjauh seperti di Desa Suana. Selain itu, seluruh sistem pelayanan di Nusa Penida juga terganggu.

“Untuk saat ini kami putuskan untuk mengoprasikan satu unit pompa II, SP60-16, 45kw yang hanya berkapasitas 14,5 liter/detik, sedangkan kebutuhan air di Unit Nusa Penida adalah 24 liter/detik,” ucapnya.

Untuk menanggulangi kekurangan kapasitas terhadap pelayanan ‘existing’ dan proyeksi pertumbuhan kebutuhan air, mendatang perlu diadakan satu unit pompa dengan kapasitas minimal 15 liter/detik, kata Dirut PDAM Klungkung.

Sehubungan dengan itu, PDAM KLungkung meminta warga setempat dapat menampung kucuran air untuk bisa memenuhi kebutuhan air minum dan MCK. PDAM KLungkung juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para pelanggan PDAM untuk wilayah Nusa Penida, sembari mengharapkan gangguan pompa bisa segera diatasi manajemen.(Roni)

Tinggalkan Komentar...