Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBulelengPPDB Jenjang Tingkat SD di Buleleng Tidak Ada Test Calistung

PPDB Jenjang Tingkat SD di Buleleng Tidak Ada Test Calistung

BULELENG, balipuspanews.com – Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah mulai disosialisasikan namun ada yang berbeda tahun ini. Dimana untuk PPDB khususnya tingkat pendidikan Sekolah Dasar tidak diperbolehkan menggunakan test baca, tulis maupun berhitung (Calistung).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng Made Astika mengatakan apabila nantinya terjadi pelanggaran di satuan pendidikan terkait tes calistung, maka pihaknya akan memberikan teguran kepada Kepala Sekolah di satuan pendidikan bersangkutan.

“Hal ini sesuai amanat dari peraturan PPDB yaitu Permendagri No. 1 Tahun 2021,” jelas Astika saat ditemui usai membuka acara Sosialisasi Peraturan Bupati Buleleng Nomor 14 Tahun 2021 tentang PPDB untuk Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023 yang bertempat di Bali Taman Resort and Spa Singaraja, Senin (30/5/2022).

Kemudian untuk pelaksaan PPDB tahun ini kata Kadis Astika masih mengacu pada Permendikbud No. 1 Tahun 2021 dan SE Mendikbud No. 3 Tahun 2021. Namun dalam pelaksanaan PPDB tahun ini akan diperketat, salah satunya tentang batas umur peserta didik.

BACA :  Tawur Agung dan Pecaruan Wrespati Kalpa di Pura Ponjok Batu Digelar Setelah 30 Tahun

Mengingat sesuai regulasi, jalur PPDB jenjang SD dijelaskan paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan maksimal berusia 7 tahun.

“Tidak ada lagi yang nyuri-nyuri umur. Kita prioritaskan untuk umur 7 tahun dulu. Jika kuota masih terpenuhi maka diperbolehkan PPDB umur dibawah 7 tahun atau 6 tahun terhitung pada 1 Juli tahun bersangkutan,” tegas Astika.

Kemudian syarat lainnya, dijelaskan Astika bahwa pada prinsipnya PPDB tahun ini masih sama seperti tahun lalu. Diantaranya melalui zona wilayah, afirmasi, jalur prestasi dan perpindahan orang tua.

“Khusus jalur prestasi semua akan kita rangkum, baik itu prestasi akademis, non akademis, keolahragaan dan seni budaya,” imbuhnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya berharap kepada seluruh camat, forkom desa dan kelurahan yang mewilayahinya, untuk bersama-sama menjaga konstitusi PPDB agar bisa dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Sekedar informasi informasi PPDB bisa di akses melalu website resmi atau akun media sosial Disdikpora Kabupaten Buleleng dan pada situs PPDB melalui https://e-ppdb.bulelengkab.go.id

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

BACA :  Beras CPP Kembali Disalurkan kepada Belasan Ribu KPM 
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular