PPDB SMP Kota Denpasar Dibuka Hari Ini, SMPN 1 Denpasar Siapkan Kuota 216 Siswa

Situasi PPDB di SMPN 1 Denpasar, tampak operator sekolah bertugas mengecek berkas pendaftaran, Kamis (18/6/2020).
Situasi PPDB di SMPN 1 Denpasar, tampak operator sekolah bertugas mengecek berkas pendaftaran, Kamis (18/6/2020).

DENPASAR, balipuspanews.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP di Kota Denpasar mulai dibuka hari ini, Kamis (18/6/2020).

Pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00 – 15.00 Wita, dimana hari ini merupakan pendaftaran untuk jalur zonasi dan jalur afirmasi.

Melihat pelaksanaan PPDB di SMPN 1 Denpasar, sebanyak 6 orang disiagakan di bagian operator sekolah.

Para operator ini nantinya yang akan memeriksa kelengkapan berkas dari para pendaftar. Apabila terdapat kekeliruan, salah ataupun kurang, operator akan menginformasikannya melalui website.

Diwawancarai, Kepala SMPN 1 Denpasar, I Gusti Ayu Putu Tirtawati, menyampaikan untuk kuota peserta didik baru yang diterima tahun ini sebanyak 216 orang.

Adapun sebanyak 216 siswa nantinya akan dibagi ke dalam 6 rombongan belajar.

“Sekarang siswa yang tamat sedikit, makanya kami terima segitu. Kalau tahun lalu 400 orang dengan 10 rombel,” ungkapnya.

Pada hari pertama pelaksanaan PPDB ini ada sedikit kendala pada sistem, dimana sistem belum memberikan respon apakah data yang dikirim sudah diterima sistem atau belum.

“Orang tua mengatakan belum ada direspon oleh sistem apakah datanya diterima atau gimana datanya. Kendalanya juga mungkin sinyal,” ujarnya.

Oleh karenanya, pihak sekolah mengimbau kepada orang tua dan siswa untuk rajin mengecek website sekolah guna memastikan kebenaran datanya.

Lebih lanjut terkait proses pembelajaran di sekolah ini nantinya akan dirancang dengan sistem daring dikarenakan masih pandemi Covid-19.

“Untuk sekarang kami sudah merancang pembelajaran daring selama satu semester,” jelasnya.

Sementara itu, kelulusan untuk jalur zonasi ini akan diumumkan pada 24 Juni mendatang.

Nantinya, imbuh Tirtawati, jika dinyatakan tidak lulus siswa bisa mendaftar pada jalur prestasi apabila memiliki prestasi.

“Apabila tak memiliki prestasi ya sudah tidak bisa lagi,” singkatnya.

Untuk diketahui, pendaftaran untuk jalur zonasi dan jalur afirmasi dilaksanakan hingga 20 Juni 2020.

Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti