PPs Hukum Ngurah Rai Gelar Workshop Penyesuaian Kurikulum

Foto bersama Rektor dan Direktur Pascasarjana dan Peserta Workshop di Depan Gedung Pascasarjana UNR
Foto bersama Rektor dan Direktur Pascasarjana dan Peserta Workshop di Depan Gedung Pascasarjana UNR

DENPASAR, balipuspanews.com – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masif terjadi perubahan dari waktu ke waktu. Begitu pula kurikulum pendidikan yang harus mengikuti perkembangan dan perlu dilakukan penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan pasar atau dunia kerja.

Seperti yang dilakukan Program Pascasarjana, Program Studi Magister Hukum Universitas Ngurah Rai (PPs UNR) menggelar workshop peninjauan kurikulum dan pembahasan CPL, CPMK, Modul dan RPS.

Acara yang dilaksanakan secara hybrid melalui zoom meeting dengan titik pusat ruang rapat gedung PPs UNR, pada Rabu (27/4/2022), ini menghadirkan narasumber tunggal Dr. Anak Agung Istri Atu Dewi, SH., MH yang diikuti peserta di lingkungan Kampus UNR dan dari beragai unsur seperti kepolisian maupun alumni.

Direktur PPs UNR Dr. Nyoman Diah Utari Dewi. A.Par., MAP., menyampaikan, lembaga pendidikan tinggi di PPs UNR selalu mengutamakan mutu pendidikan serta meningkatkan kualitas pengajaran melalui peninjauan kurikulum dan pembahasan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Modul dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) program studi secara berkala yaitu setiap tahun guna menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga :  Komjen Golose Tugaskan Brigjen Raden Nurhadi jadi Kepala BNNP Bali

Sesuai dengan perkembangan, lanjut Diah Utari, ilmu hukum baik secara teoritik maupun praktik kurikulum Magister Hukum PPs UNR perlu menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan saat ini serta dengan adanya tuntutan dari dunia profesi hukum yang terus berkembang pesat sehingga meniscayakan pembaharuan kurikulum agar responsif terhadap tuntutan tersebut.

Diah Utari Dewi melanjutkan manfaat dari workshop ini bagi lulusan lembaga adalah untuk pemenuhan mutu prodi melalui peninjauan kurikulum, menghasilkan kurikulum yang disesuaikan dengan konsentrasi, mengahsilkan CPL, CMPK dan RPS terupdate serta penyamaan format modul atau bahan ajar.

“Kegiatan workshop ini adalah sebagai salah satu upaya keseriusan kami sebagai pengelola untuk menjaga mutu lulusan dan pengelolaan program studi demi menghasilkan sumber daya manusia yang berkualiutas dan demi kemajuan bangsa dan negara,” terangnya.

Baca Juga :  Pensiunan Guru SMP Ternama Ini Sebut JKN Sangat Bermanfaat

Hal senada disampaikan Rektor UNR, Dr. Ni Putu Tirka Widanti, SS., MBA., MM., M.Hum mengatakan, workshop ini sangat diperlukan berkaitan dengan peninjauan kembali konsentrasi yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, perkembangan peradaban ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan ilmu pengetahuan di bidang manajemen kepemiluan,

untuk mereformulasi profil lulusan, penentuan konsentrasi yang diikuti dengan penyesuaian kurikulum sekaligus melakukan update atau evaluasi rencana pembelajaran semester dan juga penyesuaian modul atau bahan ajar.

“Harapan saya, melalui workshop ini dapat menjadikan pelajaran dan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan dan menjadi titik tolak atau dasar pijakan untuk menentukan langkah dan keputusan strategis di masa yang akan datang serta meningkatkan kualitas yang berkelanjutan,” harapnya.

Baca Juga :  Cabor Muaythai Klungkung Sukses Raih Juara Umum di Ajang Porprov Bali 2022

Disisi lain, Ketua Program Magister Ilmu Hukum UNR, Cok Istri Dian Laksmi Dewi mengatakan, dalam peninjauan kurikulum ini, hanya beberapa kurikulum yang disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan pasar terutama dari mahasiswa.

“Berkaitan dengan konsentrasi yang kami miliki, jadi ada konsentrasi pidana, perdata dalam hal ini adalah bisnis serta ketatanegaraan,” katanya.

Dia berharap, kedepannya kurikulum ini sesuai dengan pasar dan kebutuhan masyarakat, sehingga mahasiswa bisa memperoleh lulusan yang maksimal dapat bersaing.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan